Penyelamatan Dramatis Pilot Pesawat yang Menabrak Rel Kereta

Penyelamatan Dramatis Pilot Pesawat yang Menabrak Rel Kereta

KABARINDO, LOS ANGELES – Polisi di Los Angeles, California, Amerika Serikat berhasil menyelamatkan seorang pilot beberapa detik sebelum pesawatnya hancur ditabrak kereta hari Minggu (9/1) jam 14.15 waktu setempat.

Pesawat Cessna 172 itu jatuh di rel di perlintasan kereta api sekitar pukul 14.10, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Whiteman di komunitas Lembah San Fernando di Pacoima, menurut Administrasi Penerbangan Federal.

Lokasi jatuhnya pesawat hanya beberapa blok dari stasiun Divisi Foothills LAPD, dan beberapa petugas segera berada di tempat kejadian.

CBSN Los Angeles mengatakan empat petugas berhasil melepaskan pilot dan menyeretnya ke trotoar. Stasiun tersebut mengidentifikasi mereka sebagai Damien Castro, Christopher Aboyte, Robert Sherock dan Sersan Joseph Cavestany.

Castevany sempat menghubungi pengendali jalur kereta api, tapi sudah terlambat.

“Saya telah meminta Metrolink untuk menghentikan semua aktivitas kereta api, tetapi ternyata itu tidak terjadi,” kata Cavestany.

Video rekaman bodycam seorang petugas, yang diposting di Twitter oleh Departemen Kepolisian Los Angeles, menunjukkan detik-detik para petugas polisi membebaskan pria itu dari pesawat yang jatuh. Mereka semua baru bergeser beberapa meter dari rel ketika kereta yang lewat menghancurkan pesawat.

"Pesawat itu gagal lepas landas dan mendarat di rel kereta api di persimpangan yang populer," kata Luis Jimenez, komposer musik berusia 21 tahun yang juga merekam kejadian tersebut. "Hanya beberapa detik sebelum tabrakan, petugas polisi menyelamatkan pilot, dan sepotong puing hampir menabrak saya."

Pilot yang dirawat karena luka dan memar itu dalam kondisi stabil, menurut media setempat, dan tidak ada seorang pun di kereta yang terluka, media lokal melaporkan.

Departemen kepolisian memuji para perwiranya secara terbuka di Twitter bahwa mereka telah "menunjukkan kepahlawanan dan tindakan cepat dengan menyelamatkan nyawa seorang pilot yang melakukan pendaratan darurat di rel kereta api."

Kejadian ini memaksa Metrolink untuk menghentikan layanan kereta api, dan lalu lintas jalan diatur aparat untuk memutar hingga sekitar 32 kilometer barat laut pusat kota Los Angeles. 

FAA, Badan Administrasi Penerbangan Federal AS dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan menyelidiki kecelakaan ini lebih lanjut. ***(Sumber: Reuters, AP; Foto: Reuters)