Pesawat Penumpang Jatuh ke Danau Victoria di Tanzania

Pesawat Penumpang Jatuh ke  Danau Victoria  di Tanzania

KABARINDO, DAR ES SALAAM - Sebuah pesawat penumpang jatuh ke Danau Victoria di Tanzania pada Minggu, (6/11/2022) ketika berusaha mendarat dalam cuaca badai di sebuah bandara di kota tepi danau, Bukoba, demikian dilaporkan penyiar negara bagian itu.

Lima belas orang telah diselamatkan sejauh ini tetapi tidak diketahui berapa banyak penumpang di dalam penerbangan Precision Air itu atau apakah ada korban jiwa, Tanzania Broadcasting Corporation (TBC) melaporkan.

Pesawat yang berangkat dari ibu kota, Dar es Salaam, "jatuh di Danau Victoria pagi ini karena badai dan hujan lebat", lapor TBC, sebagaimana dilansir Reuters.

Rekaman video dan gambar yang beredar di media sosial menunjukkan pesawat itu hampir tenggelam sepenuhnya, dengan hanya ekornya yang berwarna hijau dan coklat terlihat di atas garis air Danau Victoria, danau terbesar di Afrika.

Perahu penyelamat dikerahkan dan pekerja darurat terus menyelamatkan penumpang lain yang terperangkap di pesawat, TBC menambahkan.

Precision Air, maskapai swasta terbesar di Tanzania, mengidentifikasi pesawat itu sebagai penerbangan PW 494 dan mengatakan "terlibat dalam kecelakaan saat mendekati Bandara Bukoba". Pernyataan maskapai tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan menyerukan ketenangan saat operasi penyelamatan berlanjut.

"Saya menerima dengan sedih berita tentang kecelakaan yang melibatkan pesawat Precision Air," cuitnya. "Mari kita tenang saat ini ketika penyelamat melanjutkan misi penyelamatan sambil berdoa kepada Tuhan untuk membantu kita."