Pelatih Thailand Terkejut Vietnam Finis Kedua di Bawah Indonesia

Pelatih Thailand Terkejut Vietnam Finis Kedua di Bawah Indonesia

KABARINDO, SINGAPURA - Kepala pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking atau Mano Polking, mengaku terkejut bakal menghadapi Vietnam pada semifinal Piala AFF 2020.

Sejatinya, Thailand dan Vietnam diproyeksi bersua di partai puncak mengingat status keduanya sebagai negara terkuat di Asia Tenggara pada saat ini (berdasar ranking FIFA).

Akan tetapi, proyeksi itu berantakan setelah Vietnam hanya mampu finis kedua pada babak penyisihan Grup B AFF Cup 2020.

Vietnam yang mengantongi 10 poin dari empat pertandingan kalah subur dalam urusan mencetak gol dibanding Indonesia yang finis sebagai juara Grup B dengan torehan poin yang sama.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Piala AFF 2020: Indonesia vs Singapura, Thailand vs Vietnam

"Mengejutkan melihat Vietnam finis kedua di Grup B tetapi itulah yang terjadi. Saya yakin pemain kami sudah siap dan banyak dari mereka telah mendapat waktu istirahat selama hampir seminggu," ujar Mano Polking.

"Ini adalah pertandingan besar, kedua tim bertujuan untuk memenangkan gelar. Vietnam adalah tim yang bagus dan mereka bermain di babak kualifikasi terakhir Piala Dunia 2022 zona Asia."

"Pemain mereka telah bersama dalam waktu yang lama. Namun, kami telah mengatakan sejak awal bahwa kami punya target yang jelas untuk memenangi trofi," ujar pelatih berdarah Brasil-Jerman itu.

Sementara itu, Park Hang-seo selaku kepala pelatih Vietnam tak kalah optimistis menatap laga semifinal Piala AFF 2020 kontra Thailand.

Juru taktik asal Korea Selatan itu pun mengaku tak kecewa melihat anak didiknya hanya mampu finis kedua pada babak penyisihan Grup B di bawah Indonesia.

"Kami memenangi laga terakhir (4-0 atas Kamboja) dan pemain telah berusaha sebaik mungkin. Jadi, saya puas dengan hasil ini," ujar Park Hang-seo.

"Kami lolos ke semifinal sebagai runner up grup. Itu artinya kami mendapat waktu istirahat sehari lebih banyak sebelum menghadapi Thailand."

"Kami belum kebobolan satu pun gol sejauh ini dan itu terjadi karena kinerja bagus lini pertahanan dan tengah. Namun, saya masih ingin melihat kami berkembang dalam hal bertahan dan menyerang," ujarnya.

Laga semifinal Piala AFF 2020 antara Thailand kontra Vietnam bakal berlangsung dalam dua leg pada 23 dan 26 Desember 2021 di Stadion Nasional Singapura.

Sumber Berita: Bangkok Post
Foto: instagram.com/affsuzukicup