Piala AFF 2020 : Shin Tae-yong Konfirmasi Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott Perkuat Timnas Indonesia

Piala AFF 2020 : Shin Tae-yong Konfirmasi Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott Perkuat Timnas Indonesia

KABARINDO, JAKARTA – Cukup mengejutkan, akhirnya pELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, mengonfirmasi Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott bisa memperkuat skuad Garuda di Piala AFF 2020.

Seperti diberitakan sebelumnya beredar kabar kedua pemain yang merumput di luar negeri ini tak bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 karena terhalang restu sang klub. Sebelumnya, PSSI  menyebut bahwa Piala AFF 2020 tak masuk agenda FIFA.

Sebab itulah, pemain-pemain Indonesia yang merumput di luar negeri berpotensi gagal bergabung meski dipanggil Shin Tae-yong.

Memang klub berhak menahan sang pemain jika laga atau turnamen yang dijalani tim nasional tak masuk agenda FIFA. Namun, sebaliknya klub wajib melepas si pemain jika laga atau turnamen yang dilakoni tim nasional masuk agenda FIFA.

Direktur Olahraga FK Senica, David Balda, juga mengonfirmasi takkan melepas Egy Maulana Vikri ke Piala AFF 2020. Karena itu, akhir pekan lalu, ramai soal pemberitaan Egy Maulana Vikri tak dapat membela skuad Garuda di ajang dua tahunan tersebut.

"Kami akan mengizinkannya untuk pergi jika resmi FIFA Matchday. Piala AFF Suzuki bukan pertandingan FIFA Matchday, maka ia (Egy) akan tetap bersama kami sampai pertandingan terakhir," kata David Balda mengutip dari Instagram FK Senica, @fksenica_indonesia.

Akhirnya, berkat lobi dari PSSI, nama-nama di atas dapat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Saat ini, Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott bersiap membela Timnas Indonesia di laga persahabatan kontra Afghanistan (16 November 2021) yang masuk hitungan FIFA Matchday. K

emungkinan, kedua nama di atas absen saat Timnas Indonesia menghadapi Myanmar di laga uji coba yang tak masuk hitungan FIFA Matchday pada 25 November 2021.

Barulah nanti jelang Piala AFF 2020 yang dimulai Minggu, 5 Desember 2021, Egy dan Elkan Baggott kembali gabung skuad Garuda.

"Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott dipanggil untuk Timnas Indonesia serta Piala AFF 2020. Saya juga bingung dapat informasi (tidak dilepas klub) dari mana. Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri sudah dapat izin untuk bermain di Piala AFF 2020," kata Shin Tae-yong kepada awak media yang hadir di sesi latihan Timnas Indonesia pada Selasa, 9 November 2021 malam WIB.