Piala AFF 2022: Menang 2-1 atas Kamboja, Gaya Main Timnas Indonesia tidak Mengesankan!

Piala AFF 2022: Menang 2-1 atas Kamboja, Gaya Main Timnas Indonesia tidak Mengesankan!

KABARINDO, JAKARTA - Pertandingan perdana Tim Nasional  (Timnas) Indonesia menjamu timnas Kamboja di Group A Piala AFF 2022 terlihat membosankan.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022) sore WIB, Timnas Indonesia menang 2-1 dengan susah payah.

Walau skuad Garuda  mampu menumbangkan Kamboja tapi gaya permainannya tidak mengensankan selalu kehilangan bola dan tidak tenang dalam penyelesaian akhir.

Banyaknya peluang terbuang sia-sia oleh para pemain depan timnas.

Adapun keunggulan Timnas Indonesia didapat lewat gol yang dilesatkan oleh Egy Maulana Vikri (7’) dan Witan Sulaeman (35’).

Sedangkan Kamboja, berhasil mencetak satu gol ke gawang Timnas Indonesia via Sareth Krya pada menit ke-15.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia untuk sementara ini mengoleksi tiga poin di Grup A Piala AFF 2022. 

Sementara Fipina vs Brunei Darussalam berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan The Azkals (julukan Filipina). Merujuk dua hasil tersebut, terdapat perubahan klasemen sementara di Grup A Piala AFF 2022.

Tim Gajah Perang (julukan Timnas Thailand) menempati urutan pertama, dengan koleksi lima poin dan surplus lima gol. Sementara Filipina melesat ke posisi kedua dengan tiga poin, serta surplus tiga gol.

Kemudian, di urutan ketiga ditempati oleh Timnas Indonesia dengan raihan tiga poin, yang hanya memiliki selisih satu gol saja. Mengekor di bawahnya, ada Kamboja di posisi keempat dengan tiga poin, dan Brunei, jadi juru kunci dengan koleksi 0 poin.

Meski menang tipis, posisi Timnas Indonesia saat ini belum begitu aman. Pasalnya, mereka ada di peringkat ketiga alias di luar dari batas posisi untuk lolos ke semifinal.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022:

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Marc Klok; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Muhammad Rafli.

Pelatih: Shin Tae-yong

Kamboja (3-4-2-1): Keo Soksela; Seut Baraing, Saret Krya, Choun Chanchav Tes Sambath, Souy Visal, In Sodavid, Lim Pisoth, Orn Champlain, Sleng Chanthea, Reung Bunheing.

Pelatih: Keisuke Honda/ Ryu Hirose

Foto: PSSI