Piala AFF 2022: The Lions Tekuk Timnas Myanmar 3-2

Piala AFF 2022: The Lions Tekuk Timnas Myanmar 3-2

KABARINDO, -  Dalam pertandingan yang dilakoni di Stadion Jalan Besar, Singapura, Sabtu (24/12/2022) sore WIB, The Lions -- julukan Timnas Singapura -- menang dengan skor 3-2 atas tamunya timnas Myanmar di Piala AFF 2022.

Meskipun berstatus tuan rumah, Singapura tidak dibiarkan leluasa menguasai permainan. Namun, mereka tetap menang berkat gol-gol dari Ilhan Fandi (45+1'), Nur Shahiraan (49'), dan Shawal Anuar (74'). Sedangkan dua gol Myanmar dicetak Maung Maung Lwin (34' dan 66').

Dalam 10 menit awal, The Lions selaku tuan rumah berinisiatif melancarkan serangan. Satu yang paling berbahaya dari kaki Ilhan Fandi yang menggantung kiper lawan namun bola masih di atas gawang.

Sementara dari sisi The White Angels -- julukan Timnas Myanmar -- juga mengancam dari sisi sayap. Hein Htet Aung mampu melepaskan tendangan tepat sasaran namun bola masih menuju tepat ke pelukan Zaiful Nizam.

Selama 20 menit berjalan, Myanmar mendominasi penguasaan bola hingga 60 persen. Tapi serangan berbahaya lebih banyak diciptakan para pemain Singapura.

Salah satunya saat Shahdan Shahiran mengumpan ke Faris Ramli untuk kemudian diteruskan ke dalam kotak penalti. Sayangnya bola umpanannya bisa dipotong oleh pemain belakang Myanmar.

Memasuki menit ke-30 laga berlangsung semakin keras. Kedua tim saling melakukan pelanggaran saat perebutan bola di tengah lapangan.

Di sisi lain, Singapura mulai menguasai penyerangan. Tapi hal itu justru membuat pertahanan mereka lengah dan akhirnya kebobolan pada menit ke-34.

Berawal dari serangan balik, Maung Maung Lwin memberi sodoran ke Aung Kaung Mann yang hanya satu lawan satu dengan bek lawan. Maung Maung Lwin berlari sendiri di sisi berlawanan kemudian dioper lagi oleh Aung Kaung Mann. Tak terkawal, Maung Lwin mencetak gol. Skor 1-0.

Belum genap 5 menit, Maung Maung Lwin kembali memberi ancaman setelah menerima umpan dari sisi sayap. Tapi kali ini kiper Zaiful Nizam berhasil menepis dengan kakinya.

Akhirnya Singapura menyamakan kedudukan di akhir babak pertama (44’). Melalui umpan lambung pemain sayap berhasil dimanfaatkan Ilhan Fandi menjadi gol lewat sundulan. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Singapura melanjutkan momentum untuk menguasai permainan pada babak kedua. Alhasil mereka langsung berhasil mencetak gol dalam serangan pertama pada menit ke-49.

Gol itu diciptakan pemain yang baru debut di Piala AFF, Shah Shahiran. Dia melepaskan tendangan dari luar kotak penalti melengkung menuju sudut kiri atas gawang lawan. Skor menjadi 2-1 untuk Singapura.

Setelahnya, Myanmar terus-terusan menekan pertahanan Singapura. Berkali-kali kemelut di depan gawang berhasil mereka ciptakan. Hingga akhirnya bek Singapura melakukan kesalahan pada menit ke-65.

Ryhan Stewart gagal membuang bola dengan baik sehingga bola jatuh ke kaki Maung Maung Lwin. Sang kapten pun berhasil menciptakan gol keduanya dan membuat skor kembali imbang 2-2.

Saat angin memihak Myanmar, mereka malah kecolongan lagi. Saat kiper Zaiful Nizam menendang dari sisi pertahanan langsung mengarah ke Shawal Anuar di depan untuk kemudian diteruskan menjadi gol. Skor menjadi 3-2 untuk Singapura.

Saat membutuhkan gol, Myanmar malah harus bermain dengan 10 pemain. Nanda Kyaw tertangkap memukul salah seorang pemain Singapura yang habis melanggarnya. Wasit pun memberinya kartu merah langsung.

Walau dengan 10 pemain, Myanmar terus menciptakan peluang berbahaya di sisa waktu. Tapi mereka gagal mengkonversikan peluang itu menjadi gol. Skor masih 3-2 untuk kemenangan Singapura.

Susunan Pemain Timnas Singapura vs Myanmar:

Singapura (3-4-3): Zaiful Nizam; Christopher van Huizen, Shakir Hamzah, Hafiz Nor; Harris Harun, Shah Shahiran, Anumanthan Kumar, Shahdan Sulaiman; Ilhan Fandi, Faris Ramli, Shawal Anuar

Cadangan: Syazwan Buhari, Amirul Adli, Joshua Pereira, Nazrul Nazari, Ryhan Stewart, Son Ui-young, Farhan Zulkifli, Hami Syahin, Zulfahmi Arifin, Amy Recha

Pelatih: Takayuki Nishigaya

Myanmar (4-3-3): Myo Min Latt; Nanda Kyaw, Ye Min Thu, Hein Phyo Win, Thiha Htet Aung; Htet Soe Lin, Kyaw Min Oo, Lwin Moe Aung; Hein Htet Aung, Maung Maung Lwin , Aung Kaung Mann

Cadangan: Kyaw Zin Phyo, Kyaw Zin Lwin, David Htan, Win Naing Tun, Lin Aung Wai, Win Moe Kyaw, Ye Yint Aung, Aung Naing Win, Myat Kaung Khant, Zeyar Lin Hein, Tun Nanda Oo.

Pelatih: Antoine Hey.

(Foto: Twitter/FASingapore)