Piala Asia 2023 Qatar: Timnas Qatar Gasak Lebanon 3-0

Piala Asia 2023 Qatar: Timnas Qatar Gasak Lebanon 3-0

KABARINDO, QATAR - Laga antara Timnas Qatarvs Lebanon di matchday pertama Grup A Piala Asia 2023 di Stadion Lusail pada Sabtu, (13/1/2024) dini hari WIB, Qatar menang 3-0 atas Lebanon.

Gol-gol kemenangan Qatar dalam laga ini dilesakkan Akram Afif (45', 90+6) dan Amoez Ali (56'). Berkat kemenangan ini, Qatar memuncaki klasemen Grup A dan membuka peluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Pelatih pelatih Timnas Qatar, Tintin Marquez, menggunakan formasi 4-2-3-1, sedangkan Lebanon memakai pola 3-5-2. Qatar yang mentas di hadapan suporternya langsung tancap gas begitu pertandingan pembuka itu dimulai.

Qatar langsung mencetak gol di menit 6 melalui serangan Almoez Ali. Striker tersebut masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan melewati kiper Lebanon, tetapi gol tersebut dianulir oleh VAR sehingga skor masih tetap 0-0.

Pada menit 31, Qatar nyaris mencetak gol pembuka melalui Akram Afif. Sialnya, tendangannya membentur mistar gawang. Kemudian di menit 36, terjadi handsball di dalam kotak penalti Lebanon setelah tembakan Abdulaziz tampaknya mengenai lengan Ali Tneich! Namun, wasit tidak menilai itu handsball.

Qatar akhirnya membuka keran golnya di menit 45' lewat Akram Afif dengan kaki kanannya di dalam kotak penalti. Sempat terjadi kemelut, ia langsung menyambar bola dengan tendangan keras dan membuat Qatar memimpin 1-0 hingga turun minum.

Begitu babak kedua dimulai, Lebanon berusaha menggebrak pertahanan Qatar. Di menit 47, Jradi dan Mohammad Haidar melakukan serangan balik dalam situasi 2 vs 2 untuk Lebanon.

Haidar berusaha mati-matian untuk menyiapkan Jradi mencapai tujuannya dan dia juga berhasil. Jradi pun menembak bola ke arah gawang, tetapi usahanya dibelokkan dalam pertahanan terakhir Qatar dan hanya menghasilkan tendangan sudut!

Alih-alih mencetak gol, Lebanon kembali kebobolan di menit 56. Al Haydos dan Afif bekerja sama dengan baik di sisi kiri sebelum bek kiri Waad memberikan umpan silang yang sempurna untuk disundul oleh Amoez Ali dari jarak dekat dan membuat skor menjadi 2-0.

Setelah tertinggal, Lebanon berhasil menguasai penguasaan bola dalam jangka waktu yang lama di menit 67. Mereka mengalirkan bola dan berusaha membangun momentum dalam menyerang hingga menciptakan sejumlah peluang.

Namun, Qataryang justru sukses menambah pundi-pundi golnya lewat brace Akram Afif di menit 90+6 usai memanfaatkan serangan balik dan kesalahan antisipasi lawan. Skor pun berubah menjadi 3-0 untuk kemenangan Qatar

Berikut Susunan Pemain Timnas Qatar vs Lebanon di Piala Asia 2023:

QATAR XI (4-2-3-1): Meshaal Barsham (GK), Almahdi Ali Mukhtar, Abdulaziz Hatem, Lucas Mendes, Yusuf Abdurisag, Ahmed Fathi, Hassan Al Haidos, Almoez Ali, Akram Afif.

Pelatih: Tintin Marquez

LEBANON XI (3-5-2): Mostafa Matar (GK), Alexander Michel, Kassem El Zein, Nour Mansour, Ali Tneich, Hussein Zein, Waleed Shour, Nassar Nassar, Mohamad Haidar, Hassan Maatouk, Bassel Jradi

 

foto: Reuters