Presiden Jokowi Tanggapi Pertemuan Surya Paloh dan Airlangga Hartarto

Presiden Jokowi Tanggapi Pertemuan Surya Paloh dan Airlangga Hartarto

KABARINDO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pertemuan itu berlangsung pada Rabu (1/2/2023).

Presiden Jokowi mengatakan, pertemuan tersebut merupakan urusan partai politik (parpol).

"Itu urusan partai, itu urusan partai. Urusan politik urusan partai," kata Jokowi usai mengunjungi Sentra Tenun Jembrana, Bali, Kamis (2/2/2023).

Surya Paloh bertemu dengan Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (1/2/2023).

Surya Paloh pun mengungkap alasannya bertandang ke Golkar.

"Kenapa harus berkunjung ke Golkar? Prioritas bagi Nasdem. Ada satu romantisme, ada satu perjalanan sejarah perjalanan kehidupan saya pribadi dalam usia yang saya capai saat ini, jenjang karier politik saya yang saya capai hari ini," kata Paloh.
      
Ia juga tidak menutup kemungkinan Nasdem bergabung dengan Golkar dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Begitu juga sebaliknya.

Apakah perlu akan mungkin bergabung dengan KIB (Koalisi Indonesia Bersatu, red)? Ya sama-sama mungkin. Mungkin KIB juga bergabung dengan Nasdem kan. Jadi probability, kemungkinan itu masih terbuka," imbuhnya.

KIB merupakan koalisi Pilpres 2024 yang dibangun Partai Golkar bersama PAN dan PPP. Sedangkan Partai Nasdem masih menjajaki sebuah koalisi yang disebut Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Koalisi Perubahan mendukung Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024. Foto: Tangkapaan Layar