Putri Elang Laut Buka Peluang ke Final, SKN BDK Pastikan Lolos

Putri Elang Laut Buka Peluang ke Final, SKN BDK Pastikan Lolos

KABARINDO, YOGYAKARTA -  Tim putri Elang Laut Subang membuka peluang lolos ke final usai mengalahkan Vita Solo pada final four Kejuaraan Bolavoli Nusantara Cup 2024,  yang digelar di GOR UNY Yogyakarta, Selasa (19/3/2024).

Elang Laut mengungguli Vita Solo dalam permainan lima set dengan skor 3-2 (25-20, 13-25, 25-18, 18-25, 17-15). Dengan kemenangan ini Elang Laut tinggal menghadapi Petrokimia Volleyball Academy Gresik, Jumat (22/3/2024).

Sebelumnya, tim asal Subang itu kalah dari Kharisma Premium Bandung, pada hari kedua, dengan skor 0-3, Senin (18/3/2024). 

Sedangkan bagi Vita Solo kekalahan ini merupakan kekalahan kedua pada perhelatan final four ini. Pada laga pembuka, Minggu (17/3/2024), tim asuhan Agus Suyanto itu kalah dari Petrokimia 1-3.

Mengomentari kekalahan tim asuhannya, pelatih Vita, Agus mengatakan kalau kemampuan timnya hanya sebatas itu. "Kemampuan anak-anak ya hanya sebatas itu," tukas Agus usai laga.

Menurutnya, kelemahan Shindy Sasgia Dwi Yuniar Liswanti dkk. karena kurangnya stamina. "Stamina anak-anak menjadi titik lemah. Sehingga tidak mampu mengangkat permainan anak-anak," ujarnya lagi.

Dengan dua kekalahan itu membuat peluang Vita Solo cukup berat untuk bisa lolos ke babak grand final. Klub asal Solo itu masih menyisakan satu laga di babak final four melawan Kharisma Premium Bandung, Kamis (21/3/2024).

Jika Vita menang atas Kharisma pada laga itu masih berpeluang ke final, dengan catatan Petrokimia mengalahkan Kharisma, Rabu (20/3/2024) dan Elang Laut juga kalah dari Petrokimia, Jumat (22/3/2024). Sehingga dengan hasil itu membuat nantinya ketiga tim akan saling berhitung, karena ketiga tim itu sama-sama memetik sekali kemenangan.

Pelatih Elang Laut,  Angga Hasan mengharapkan tim asuhannya bisa menang dari Petrokimia. "Kita tinggal lawan Petrokimia. Semoga saja bisa menang," ujar Angga usai laga melawan Vita.

Hasil laga lainnya yang berlangsung hingga dini hari, tim putra SKN BDK Volleyball Club Kudus memastikan ke final usai menang atas Surabaya dengan skor 3-0 (25-21, 30-28, 25-20). 

Ini merupakan kemenangan keduanya setelah sebelumnya menundukkan Tectona Bandung dengan skor kemenangan 3-1. Sedangkan Surabaya Flame cukup berat peluangnya untuk lolos ke final. Sebelumnya Flame juga kalah dari Bintang Mahameru Sejahtera Bekasi 1-3.

Anak-anak klub asal Surabaya ini hanya tinggal menyisakan laga melawan Tectona Bandung, Kamis (21/3/2024)

Anak asuh Ibarsjah Djanu ini hanya menyisakan satu laga melawan Bintang Mahameru Sejahtera Bekasi. "Kita hanya memperebutkan posisi ketiga," ujar manajer Flame, Hadi Sampurno usai laga.

Menurutnya, Flame banyak diserang bola-bola cepat lawan. "Blok kita tidak ada sama sekali," tambah Hadi.

Sementara itu, Ibarsjah mengatakan tim asuhannya menargetkan menang dari Flame. "Supaya posisi kita lolos ke final aman," kata Ibarsjah usai laga.

Jadwal Rabu (20/3/2024):
Jam 20.00 WIB: Petrokimia - Kharisma (putri)
Jam 21.30 WIB: Bintang - Tectona (putra).

Foto: Dok. PP PBVSI