PVMBG: Gunung Kerinci Erupsi

PVMBG: Gunung Kerinci Erupsi

KABARINDOJAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Kerinci yang terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, dan Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mengalami erupsi pada Kamis, 27 Oktober 2022, pukul 17.58 WIB.

“Terjadi erupsi G. Kerinci pada hari Kamis, 27 Oktober 2022, pukul 17:58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 300 m di atas puncak (± 4105 m di atas permukaan laut),” tulis PVMBG dari laman resminya.

Sementara itu, PVMBG mengatakan kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah timur.

“Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 2 mm dan durasi 180 detik,” katanya.

PVMBG pun meminta masyarakat disekitar gunung api kerinci dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunung api kerinci di dalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktivitas di dalam radius bahaya atau Kawasan Rawan Bencana III).

“Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar gunung api kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan,” imbau PVMBG. Foto: Freepick