Ragnar Oratmangoen Jadi Mualaf di Usia 15 Tahun, Berikut Perjalanan Spiritualnya!

Ragnar Oratmangoen Jadi Mualaf di Usia 15 Tahun, Berikut Perjalanan Spiritualnya!

KABARINDO, JAKARTA – Winger Tim Nasional (Timnas) Indonesia,  Ragnar Oratmanagoen, menceritakan perjalanan spiritualnya memeluk agama Islam.

Ia mengungkapkan jika dirinya mantap  memeluk agama Islam) saat usianya sekitar 15 tahun.

Ragnar merupakan pemain anyar pada skuad Timnas Indonesia saat ini. Setelah melewati perjalanan panjang, pemain Fortuna Sittard itu akhirnya telah mengambil sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (18/3/2024) kemarin malam. Dia disumpah WNI bersamaan dengan Thom Haye.

Sejatinya, Ragnar sudah menarik banyak perhatian publik Tanah Air karena dirinya seorang muslim. Namun, tidak banyak yang tahu kalau nyatanya pemain berusia 26 tahun ini adalah seorang mualaf. Dia mengungkapkan memutuskan menjadi mualaf saat usianya 15 tahun.

Ragnar pun tak segan untuk menceritakan perjalanan spiritualnya itu. Pemain kelahiran Oss, Belanda ini menyampaikan dirinya menemukan jalan memeluk agama Islam seiring bertumbuh dewasa.

“Tidak, saya tidak terlahir sebagai muslim. Saya dibesarkan sebagai seorang kristen, tapi setelah saya tumbuh dewasa, saya menemukan jalan ke Islam,” ucap Ragnar saat ditemui di Hotel Fairmont, Selasa (19/3/2024).

“Saat usia 15 tahun kayaknya. Jadi saya juga sudah 10-11 tahun melewati ramadan,” tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan alasan yang membuat dirinya mualaf. Menurutnya, itu semua tak luput dari teman-temannya yang sering mengajak ke masjid. Dari sanalah dia merasa tersentuh dengan ajaran-ajaran yang diajarkan oleh Islam sehingga mantap memutuskan menjadi seorang muslim.

“Bagi saya, hal-hal yang saya pelajari tentang tuhan. Teman saya juga sering mengajak saya ke masjid saat itu, mereka mengajarkan saya soal tuhan dan bagaimana agama ini bisa membantu dalam hidup. Itu menyentuh saya dan akhirnya memutuskan untuk menjadi muslim,” tandas Ragnar.