Rangkaian Kegiatan Sosial HUT ke-66, BCA Gelar Donor Darah Usai Jeda Pandemi

Rangkaian Kegiatan Sosial HUT ke-66,  BCA Gelar Donor Darah Usai Jeda Pandemi

KABARINDO, JAKARTA - BCA secara konsisten menjalankan komitmennya untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat. Sebagai bentuk pengabdian PT Bank Central Asia Tbk (BCA), kantor pusat BCA kembali menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah (KDD) ke-110 sekaligus yang pertama usai jeda pasca pandemi. 

 

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan sosial yang dilakukan BCA sekaligus ungkapan syukur atas ulang tahun BCA ke-66. 

 

KDD Bakti BCA telah menjadi agenda rutin perusahaan sejak 1991. EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, “Kami senang setelah jeda tiga tahun karena pandemi, kini kami bisa kembali melaksanakan KDD dengan tetap mengikuti prokes sesuai arahan Satgas Covid-19. KDD merupakan acara rutin yang kami selenggarakan empat kali dalam setahun. Selain melibatkan karyawan BCA, KDD juga sering diadakan dengan skala yang lebih luas, yaitu dengan mengundang nasabah dan masyarakat sekitar untuk turut serta. Banyak nilai baik dapat dirasakan dari kegiatan donor darah ini sebagai wujud nyata kontribusi BCA untuk masyarakat.”

 

Dengan melibatkan karyawan dan didukung langsung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, BCA telah mengumpulkan 346 kantong darah yang akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan darah di DKI Jakarta. Kolaborasi antara BCA dengan PMI sudah berjalan sejak 1991, dan dalam upaya memperkuat kerja sama tersebut BCA memberikan donasi kepada PMI berupa 1 unit kendaraan operasional pada tahun 2017, total 10 unit blood scale & mixer pada tahun 2018 dan 2019, serta 1 unit mobil donor pada tahun 2021.

 

Kegiatan donor darah terpaksa terhenti selama masa pandemi, namun pada tahun 2022, beberapa kantor cabang BCA berhasil melaksanakan KDD dan menyumbangkan 273 kantong darah ke PMI. Secara total BCA telah berkontribusi sebanyak 10.311 kantong darah. BCA terus berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dengan menyebarkan kantong- kantong darah hasil KDD ke berbagai lembaga kesehatan. Sejak tahun 2015, BCA memberikan subsidi untuk Klinik Bakti Medika dan telah membantu lebih dari 29.000 pasien. BCA juga memberikan subsidi untuk Praktek Dokter Duri Utara sejak tahun 2012, yang telah membantu lebih dari 100.000 pasien. Selain memberikan bantuan kepada lembaga kesehatan, BCA juga memberikan edukasi terkait makanan sehat dan kesehatan diri ke 17 sekolah, yang mencakup 3.197 pelajar.

 

Konsistensi BCA dalam menyelenggarakan KDD Bakti BCA ini berhasil membawa perseroan memecahkan Rekor MURI sebagai “Bank Swasta Nasional Pertama yang Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah ke-100” pada tahun 2017 yang lalu. “Kami berharap kedepannya BCA dapat menjaga komitmen dan konsistensi dalam melakukan KDD karena kegiatan ini merupakan kegiatan strategis yang bermanfaat besar bagi banyak pihak, baik pendonor maupun penerima donor,” tutup Hera. Foto:Dok. BCA