Real Betis Juara Copa del Rey 2021-2022

Real Betis Juara Copa del Rey 2021-2022

KABARINDO, SEVILLA Real Betis  vs Valencia di final Copa del Rey 2021-2022. Tanding di Stadion Olimpiade Sevilla, Minggu (24/4/2022), dini hari WIB, laga berjalan sengit sejak menit pertama.

Betis sempat unggul lebih dulu sebelum Valencia mampu menyamakan kedudukan beberapa saat setelahnya. Skor 1-1 ternyata bertahan hingga 120 menit sehingga pemenang mesti ditentukan melalui adu penalti.

Dalam babak tos-tosan, Betis memastikan diri sebagai juara Copa del Rey. Los Verdiblancos menang 5-4 atas Valencia dalam babak adu penalti.

Betis bermain apik sejak menit pertama. Mereka mampu mendominasi penguasaan bola sehingga menyulitkan Valencia untuk mengembangkan permainan.

Dominasi itu pun membuahkan gol cepat pada menit ke-11. Borja Iglesias mencatatkan namanya di papan skor yang membawa Betis unggul 1-0.

Sayang, Valencia mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-30 melalui gol Hugo Duro. Meski keunggulannya melayang, Betis tetap mendominasi penguasaan bola.

Los Verdiblancos berusaha untuk kembali unggul sebelum babak pertama berakhir. Akan tetapi, upaya itu tidak berhasil karena pertahanan kukuh Valencia.

Pada babak kedua, jalannya pertandingan berjalan seperti 45 menit pertama. Betis lebih agresif ketimbang Valencia yang mengandalkan serangan balik.

Kendati demikian, Valencia kerap mengancam pertahanan Betis. Oleh sebab itu, pertandingan pun berjalan sengit karena kedua tim berusaha untuk mencetak gol kemenangan.

Namun, hingga menit ke-70, gol tambahan belum juga tercipta dalam pertandingan ini. Kedua tim pun berusaha memanfaatkan waktu tersisa untuk mencuri gol. Sayang, skor 1-1 tidak berubah hingga wasit meniup peluit tanda waktu normal berakhir.

Memasuki babak tambahan, pertandingan tetap berjalan sengit. Akan tetapi, faktor fisik, yang mulai terkuras, membuat tempo permainan jadi agak melambat. Alhasil, skor 1-1 juga tidak berubah dalam 2 x 15 menit.

Juara pun ditentukan melalui adu penalti. Lima penendang penalti Betis sukses mencetak gol. Mereka adalah Willian Jose, Joaquin, Andres Guardado, Cristian Tello, dan Juan Miranda.

Sementara itu, Valencia hanya mampu melesakkan empat gol melalui ekskusi penalti Carlos Soler, Uros Racic, Goncalo Guedes, dan Jose Gaya. Sebab, Yunus Musah gagal menunaikan tugasnya.

Dengan demikian, Betis menang penalti 5-4 atas Valencia sekaligus menyegel gelar juara. Ini merupakan trofi Copa de Rey pertama Betis setelah terakhir kali mendapatkannya pada 2005 silam. Foto : Reuters