Reisa Broto Asmoro Minta Masyarakat Tak Perlu Ragu dengan Vaksin Booster

Reisa Broto Asmoro Minta Masyarakat Tak Perlu Ragu dengan Vaksin Booster

KABARINDO, JAKARTA - Juru bicara pemerintah Indonesia untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro, menegaskan bahwa pemberian vaksin booster tidak akan membuat masyarakat mengalami overdosis.

Hal itu disampaikan Reisa Broto Asmoro pada Senin (17/1/2022) sekaligus menjawab kekhawatiran masyarakat soal efek vaksin booster.

“Sebenarnya vaksin tidak bisa membuat overdosis tetapi kita juga jangan berpikir kebanyakan dosis kalau disuntik sampai booster tiga kali," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Reisa pun menjelaskan bahwa pemberian vaksin sebanyak tiga kali merupakan hal wajar dan dapat terjadi secara alamiah.

Baca Juga: Wagub Ahmad Riza Patria : Kasus Omicron di DKI Jakarta Merangkak Naik

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli, antibodi seseorang akan menurun enam bulan setelah melakukan suntik vaksin.

Dengan hitungan tersebut, maka mayoritas masyarakat Indonesia saat ini sudah membutuhkan vaksin booster agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

Patokan waktu tertentu juga berlaku dalam pemberian vaksin lainnya, seperti BCG untuk TBC, DPT untuk penyakit difteri, maupun vaksin untuk penyakit influenza.

“Berdasarkan riset, vaksin bisa melindungi kita bertahan antibodinya berapa lama. Jadi jangan takut kalau booster ini menimbulkan overdosis. Memang hitungannya seperti itu," Reisa menegaskan.

Dalam kesempatan itu, Reisa juga menekankan vaksin booster aman bagi ibu hamil maupun menyusui dengan syarat dalam kondisi sehat, tak memiliki kendala, dan sudah melalui trimester kedua.

Untuk lebih menjamin keamanan, para ibu disarankan untuk lebih dulu berkonsultasi kepada dokter kandungan serta memeriksa jenis vaksin yang sudah ditentukan.

Masyarakat pun diminta tidak perlu khawatir dengan vaksin booster karena Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengeluarkan izin penggunaan dalam kondisi darurat (EUA).

"Vaksin ini sudah pasti dijamin keamanannya dan sudah mendapatkan EUA dari pemerintah. Jadi sudah menjamin bahwa itu aman dan berkhasiat," Reisa Broto Asmoro memungkasi.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara