Relawan Ganjartivity Minta Capres Ganjar Pranowo Memihak Nelayan

Relawan Ganjartivity Minta Capres Ganjar Pranowo Memihak Nelayan

KABARINDO, JAKARTA - Para relawan Ganjar Pranowo yang merupakan para Alumni Muda Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menemui nelayan di Cianjur, Jawa Barat.

Kelompok sukarelawan yang menamakan diri Ganjartivity itu melihat potensi sumber daya perikanan dan kelautan di wilayah Pantai Jayanti Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Namun, belum tergali secara maksimal akibat keterbatasan sarana prasarana untuk para nelayan.

Para nelayan menyampaikan keluhan tersebut kepada relawan Ganjartivity, pada Sabtu 9 September 2023.

"Kami sekarang sedang berkunjung ke Pantai Jayanti di wilayah Kabupaten Cianjur. Kami mengajak dialog ke para nelayan di sini. Ada 130 komunitas di mana satu komunitasnya ada 10 orang berarti di sini ada 1.300 nelayan," kata Ketua Ganjartivity, Dicky Fauzia dalam keterangan tertulis.

Kedatangan para sukarelawan Ganjar Pranowo disambut para nelayan setempat dengan terbuka. Sebab, mereka dapat berdialog dengan para akademisi untuk membahas persoalan yang dialami.

Aspirasi yang diserap dari para nelayan dan warga lokal, kata Dicky, akan disampaikan kepada Ganjar Pranowo sebagai masukan untuk program-programnya sebagai calon presiden.

"Jadi, para nelayan tadi ada keluh-kesah. Di mana, di sini dermaganya tidak layak buat parkir perahunya dan di sini juga banyak yang minta bantuan untuk perahunya dan alat-alat buat menangkap ikan," tuturnya.

Para sukarelawan Ganjartivity memastikan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo akan memerhatikan para nelayan. Sebagaimana dilakukan Ganjar Pranowo saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode terakhir.

Program Asuransi Nelayan (Asnel) yang telah melindungi sekitar 151.457 nelayan kecil dengan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) menjadi salah satu bukti keberpihakan Ganjar terhadap kaum nelayan.

"Kami juga mengenalkan sosok Pak Ganjar di mana Pak Ganjar juga sangat baik memimpin nelayan di Jawa Tengahnya (selama menjabat Gubernur Jawa Tengah)," tutur Dicky.

Dicky meyakini, para nelayan di wilayah Kabupaten Cianjur, khususnya Pantai Jayanti dapat menerima Ganjar Pranowo. Bahkan, mendukungnya menjadi Presiden Republik Indonesia selanjutnya.

"Tadi kami sampaikan apa saja yang sudah dilakukan Pak Ganjar terhadap nelayan di Jawa Tengah. Alhamdulillah, diresponsnya baik dan mudah-mudahan di sini bisa tertular kebaikan Pak Ganjar di Jawa Tengah," ujar Dicky.

Para nelayan, lanjut Dicky akan sangat senang jika Ganjar dapat datang langsung ke daerah mereka untuk menyaksikan langsung kondisi di lapangan. Selain itu, para nelayan menyampaikan harapan bantuan sarana prasarana untuk menunjang mata pencaharian mereka.

"Diharapkan, Pak Ganjar ada kunjungan ke sini, datang, melihat langsung dan (nelayan) minta juga bantuan-bantuan yang sebenarnya urgensi untuk wilayah sini," ujarnya.

Selain bertemu para nelayan yang tengah berlabuh di Pantai Jayanti, para sukarelawan Ganjartivity juga bersilaturahmi dengan nelayan dan warga lainnya di lokasi berbeda. Setidaknya ada 100 nelayan dan warga di satu aula dalam kegiatan bertajuk "Ngadawuh Ganjar" (Ngajar) yakni berdiskusi sambil mengenalkan Ganjar Pranowo.

Lili Suherman, salah seorang warga mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia merasa dapat mengenal lebih dekat sosok Bacapres yang menjadi harapan warga setempat.

"Alhamdulillah kegiatannya bagus sekali dari sukarelawan Pak Ganjar banyak yang hadir ke sini, ke Kecamatan Cidaun. Alhamdulillah saya antusias dan mengucapkan terima kasih kepada sukarelawan dari Pak Ganjar," ujarnya.

Lili menambahkan, warga di daerahnya selama ini sudah mengenal Ganjar melalui pemberitaan di media massa dan media sosial. Mereka secara umum menilai Ganjar Pranowo sebagai sosok positif.

Lili memastikan warga semakin terkesan terhadap Ganjar dan akan mendukungnya menjadi Presiden usai mengikuti sosialisasi yang digelar kelompok sukarelawan Ganjartivity.

"Alhamdulillah saya jadi mengenal sosok Pak Ganjar walaupun saya orang Cianjur. (Saya mengenal) beliau sejak menjabat Gubernur (Jawa Tengah) dan sekarang ini beliau mencalonkan diri (sebagai bakal calon presiden 2024-2029). Saya mendukung sekali Pak Ganjar," katanya.

Warga Kabupaten Cianjur berharap Ganjar akan lebih memperhatikan rakyat kecil seperti para nelayan dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Harapan itu disematkan mengingat dengan berbagai pencapaian dan rekam jejak Ganjar Pranowo sebagai seorang pemimpin.

"Harapannya untuk Pak Ganjar, semoga kalau misalkan beliau menang (Pemilihan Presiden) 2024. Untuk masyarakat Cianjur, tolonglah UMKM-nya diperhatikan (juga) untuk nelayannya," kata Lili.