Resmi! Muhammad Ali Jadi KSAL Berpangkat Laksamana

Resmi! Muhammad Ali Jadi KSAL Berpangkat Laksamana

KABARINDO, JAKARTA - Laksamana Madya (Laksdya) Muhammad Ali resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Bersamaan itu, Muhammad Ali mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Laksamana TNI.

Kenaikan pangkat itu didasarkan pada surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 101 /TNI Tahun 2022 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Muhammad Ali resmi menyandang bintang 4. Penyematan tanda pangkat dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

Pada prosesi pelantikan, Muhammad Ali mengucapkan sumpah jabatan sesuai dengan keyakinannya. “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan diikuti oleh Ali.

"Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," lanjutnya.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjujung tinggi sumpah prajurit,” tuturnya.

Sebelum dilantik sebagai KSAL, Muhammad Ali menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I).