Resmi! Partai Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024

Resmi! Partai Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024

KABARINDO, JAKARTA - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Daulay menyebutkan PAN akhirnya menetapkan untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029. Deklarasi dukungan dilaksanakan di gedung Museum Naskah Proklamasi pagi ini (13/8/2023).

Deklarasi dukungan ini dilaksanakan bersama 3 partai lain yaitu Gerindra, Golkar, dan PKB. Sebelumnya diketahui bahwa PBB telah menyatakan dukungan.

"Ini adalah hasil maksimal yang telah dilakukan PAN. Kami telah mendengar masukan dan aspirasi dari kader, simpatisan, ormas, dan elemen masyarakat lain dari berbagai latar belakang," ujar Saleh Daulay, Minggu (13/8/2023) kepada awak media.

Ia mengungkapkan secara politik, PAN telah 10 tahun memperjuangkan Prabowo Subianto.

"Itu adalah waktu yang cukup lama untuk menyusun kekuatan. Kami yakin, pemilu kali ini Prabowo menang," kata dia.

PAN juga menilai bahwa Prabowo adalah tokoh nasional yang integritasnya teruji dan kinerjanya juga tidak diragukan.

"Perjalanannya dalam mengabdi kepada RI tidak bisa diragukan. Dan yang paling penting, Prabowo konsisten dan sabar dalam merajut kohesivitas sosial dan persatuan bangsa. Masih banyak lagi pertimbangan lain yang bisa dilekatkan kepada Prabowo. Karena itu, beliau sangat pantas dan mumpuni untuk memimpin Indonesia periode berikut," jelas Saleh Daulay.

Pemilu kali ini disebut Saleh Daulay akan menjadi khusus. Sebab, ada PKB sebagai kekuatan baru yang ikut mendukung dan akan bekerjasama. Pasalnya Kekuatan PKB dan PAN tentu akan melengkapi kekuatan Gerindra dan Golkar.

"Koalisi baru ini sangat lengkap, baik dari sisi sosiologis, politik, ekonomi, dan juga komposisi kebangsaan. Koalisi ini sangat penuh harapan dan sangat menjanjikan," terang Saleh Daulay.

Meskipun sudah didukung empat partai politik parlemen yakni Gerindra, PKB, Golkar dan PAN, Saleh Daulay menyebutkan pihaknya tetap membuka pintu dukungan dari partai politik lainnya.

Koalisi ini tentu sangat membuka diri untuk menerima dukungan dari kekuatan politik lain. Termasuk dukungan dari ormas dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada. Semakin banyak yang dukung, tentu akan semakin baik," pungkas Saleh Daulay.

Sebagaimana diketahui setidaknya sudah ada tiga Bacapres yang diumumkan oleh partai politik dalam Pilpres 2024.

Bacapres pertama yakni Anies Baswedan yang didukung tiga partai politik parlemen yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Bacapres kedua yakni Prabowo Subianto yang didukung empat partai politik parlemen yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sejumlah partai non parlemen yang sudah menyatakan akan mendukung Prabowo Subianto yakni Partai Bulan Bintang (PBB). Sedangkan yang diisukan akan mendukung Prabowo yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Gelombang Rakyat (Gelora).

Bacapres ketiga yakni Ganjar Pranowo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ganjar Pranowo setidaknya sudah didukung partai non parlemen yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).