Resmi! Zainudin Amali Sertijab Menpora ke Muhadjir Effendy

Resmi! Zainudin Amali Sertijab Menpora ke Muhadjir Effendy

KABARINDO, JAKARTA - Prof. Dr. Zainudin Amali resmi melakukan serah terima jabatan (sertijab) ke Menko PMK Muhadjir Effendy yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Menpora di Wisma Kemenpora Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Sertijab  ini dihadiri oleh sejumlah petinggi organisasi olahraga seperti Ketua Umum KONI Marciano Norman, Ketua Umum PP Percasi Utut Adianto, hingga Sekjen PSSI Yunus Nusi. Zainudin Amali menyerahkan langsung jabatannya kepada Muhadjir.

Sebelum melepas jabatannya sebagai Menpora, Amali sempat memberi kata sambutannya.Dirinya menerima jabatan Menpora setelah  Hanif Dhakiri.

"Memang nasib saya kembali menyerahkan jabatan kepada Plt. Saya tidak pernah menerima dan menyerahkan jabatan kepada Menpora definitif," Hari ini saya berakhir di Kemenpora, ini adalah ujung jalan perjalanan saya di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selamat datang Prof. H. Muhadjir Effendy," kata Amali dengan senyum khasnya.

Dalam pidatonya Muhadjir menyatakan bakal maksimal mengemban amanah presiden. Ia juga berharap tak terlampau lama mengisi kekosongan jabatan tertinggi Kemenpora.

"Saya akan jadi Plt sampai hadir Menpora definitif. Mudah-mudahan tidak terlalu lama, semakin cepat semakin baik, karena program saya banyak. Kemenko PMK itu mengurus orang miskin dan orang susah. Ada program prioritas yang kejar tayang untuk 1 tahun 7 bulan lagi," ujar Muhadjir.

Zainudin Amali menjabat Menpora RI sejak Oktober 2019. Ia menjalani tugas keolahragaan dan kepemudaan selama kurang lebih tiga tahun.

Amali mundur dari Kemenpora karena terpilih sebagai Waketum PSSI 2023-2027. Ia mengirim surat pengunduran diri pada Maret 2023 kepada Presiden RI Joko Widodo.

Pada kesempatan ini juga, Zainudin Amali rayakan hari lahirnya yang kini telah berusia 61 tahun dan lahir di kota Gorontalo. Foto: Orie Buchori / Kabarindo.com