Ribuan Orang Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di Colorado

Ribuan Orang Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di Colorado

KABARINDO, DENVER – Puluhan ribu penduduk yang tinggal di dua kota tepi Denver terpaksa mengungsi dari rumah mereka karena kebakaran hutan yang diperparah oleh kecepatan dan intensitas angin.

Angin yang berembus hingga 169 km per jam mempercepat perambatan api hingga membakar sekitar 580 rumah, sebuah hotel dan pusat perbelanjaan kota Louisville dan Superior, yang terletak sekitar 20 mil (32 kilometer) barat laut Denver, Colorado.

Beberapa dari beberapa kobaran api di daerah itu dipicu oleh kabel listrik yang putus.

Setidaknya satu responden pertama dan enam lainnya terluka dalam kebakaran yang dimulai sejak Kamis (30/12) pagi itu. Evakuasi dari total 34.000 rumah dilaksanakan dengan segera.

Sheriff Boulder County Joe Pelle mengatakan bahwa korban cedera dan juga kematian masih dapat terus bertambah karena intensitas kebakaran yang dengan cepat menyapu seluruh wilayah tersebut.

“Ini adalah jenis api yang tidak bisa kita lawan secara langsung,” kata Pelle. “Kami sebenarnya memiliki wakil sheriff dan petugas pemadam kebakaran di daerah-daerah yang harus ditarik karena mereka baru saja diserbu,” tambahnya.

Meskipun mendadak, penduduk dievakuasi dengan cukup tenang dan tertib, tetapi jalan-jalan yang berkelok-kelok menyebabkan kemacetan parah hingga dibutuhkan 45 menit bagi mobil-mobil untuk maju kurang dari satu kilometer.

Pelle mengatakan api pertama berkobar tepat sebelum pukul 10.30 pagi, sedangkan kebakaran hutan kedua, yang dilaporkan tepat setelah pukul 11 ​​pagi, “menggelembung dan menyebar dengan cepat ke timur,” kata Pelle. Kobaran api membentang hingga 6,5 kilometer persegi.

Kebakaran tersebut mendorong Gubernur Jared Polis untuk mengumumkan keadaan darurat, yang memungkinkan negara untuk mengakses dana darurat bencana.

Sembilan puluh persen Boulder County mengalami kekeringan parah hingga ekstrem, dan curah hujan yang substansial belum juga turun sejak pertengahan musim panas. Musim dingin dilalui Denver tanpa salju sejak 10 Desember hingga kini.

“Apabila ada salju di tanah, kebakaran tidak akan terjadi seperti ini” kata ahli hidrologi salju Keith Musselman, yang berada di rumah ketika kebakaran terjadi tidak jauh dari sana.

Layanan Cuaca Nasional memperkirakan salju setinggi satu kaki bisa turun besok di Boulder, dan kelembapan itu akan membawa kelegaan yang signifikan, kata Musselman. ***(Sumber dan Foto: AP)