Sambut FIBA Asia Cup, Panpel Gelar Festival Basket Indonesia

Sambut FIBA Asia Cup, Panpel Gelar Festival Basket Indonesia

KABARINDO, JAKARTA - Menyambut penyelenggaraan FIBA Asia Cup pada 12-24 Juli 2022, panitia pelaksana resmi merilis Festival Basket Indonesia (IBF) pada Selasa (4/1/2022).

Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup Junas Miradiarsyah mengatakan bahwa tujuan dari IBF ini adalah untuk mencari talenta muda dan menyebarkan basket ke seluruh daerah di Indonesia.

IBF sendiri adalah turnamen basket level usia 19-22 tahun.

“Festival Basket Indonesia adalah rangkaian menuju FIBA Asia Cup… mudah-mudahan basket bisa dimasyarakatkan melalui ajang ini. Meski FIBA Asia Cup hanya berlangsung di Jakarta, tapi gaung basket ini ada di seluruh Indonesia,” ujar Junas dalam temu media virtual di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

“Kami juga berharap bisa menumbuhkan minat dan potensi pemain muda basket masa depan,” sambung dia.

Akan Bergulir di Lima Kota

Adapun IBF bakal bergulir di lima kota dan seri pertama akan digelar di Mimika, Papua pada 7-11 Januari, dan selanjutnya akan bergeser ke Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Junas mengatakan lima kota tersebut dipilih karena beberapa pertimbangan, salah satunya potensi pemain di kota-kota penyelenggara.

“Banyak sekali kota-kota potensial, namun karena konsiderasi waktu dan perlu berpikir efektif dan efisien, sehinga kami menetapkan dari sisi potensi pemainnya,”

“Kita tahu Mimika, Bali, Surabaya Yogyakarta, Jakarta bisa dibilang kota dengan penyumbang pemain yang cukup besar, memang bukan untuk di timnas, tetapi kalau kita lihat dari liganya sendiri banyak sekali pemain yang berasal kota-kota tersebut,” jelasnya.

Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Spanyol: Real Madrid Kalah Mengejutkan, Barcelona Mulai Bangkit

Terkait dengan penyebaran kasus Omicron, Junas mengatakan bahwa pihaknya telah bersinergi dengan pemerintah setempat.

“Sampai saat ini semua masih on track. Tapi apabila ada sesuatu terjadi, kami sudah menyiapkan antisipasi, artinya penyelenggaraan tetap berjalan, tapi mekanismenya akan disesuaikan,” pungkas dia.

Sumber Berita: Antara

Foto: Antara