Sandiaga Uno Sebut Wisatawan Asing Banyak yang Ingin ke Bali

Sandiaga Uno Sebut Wisatawan Asing Banyak yang Ingin ke Bali

KABARINDO, BALI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap bahwa minat wisatawan asing ke Bali sangat tinggi setelah natal dan tahun baru. 

"Bahwa minat wisatawan asing ke Bali sangat tinggi dan untuk kuartal pertama setelah natal dan tahun baru ini, jumlahnya mencapai 57 persen dari survei yang kami lakukan. Tapi harus ada penyesuaian dari segi kemudahan visa, penerbangan langsung, dan karantina yang fleksibel," kata Sandiaga Uno, Jumat (17/12/2021).

Sandiaga berharap supaya pada kuartal pertama tahun 2022 para wisatawan asing dapat secara bertahap mengunjungi Bali.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Spurs dan Brentford Meningkat Tajam, Liga Inggris Wacanakan Penundaan Kompetisi saat Boxing Day

Namun, yang perlu diperhatikan menurutnya adalah warga Bali juga harus mendisiplinkan protokol kesehatan.

"Saya titip Bali tracing ditingkatkan, setelah saya koordinasi sebanyak capaian vaksinasi di Bali sebesar 102 persen dosis pertama dan lebih dri 90 persen untuk dosis kedua. Jadi ini merupakan prestasi Bali termasuk yang tetinggi di Indonesia," katanya.

Sandiaga mengatakan bahwa wisata Bali harus mengikuti panduan soal 3T, yakni testing, tracing, dan treatment sesuai dengan arahan Kementerian kesehatan.

Sementara itu, sesuai dengan arahan keputusan pemerintah bahwa aturan khusus natal tahun baru tetap terimplementasikan dan secara rutin dievaluasi setiap minggu.

 "Harapan kita, dengan kedisplinan kita, virus omicron ini bisa dikendalikan, sama saat kita mengendalikan 183 hari lebih, atau lebih dari 143 hari terutama di Bulan Agustus saat melandai sudah bisa kita pertahankan," katanya.

Sementara itu, untuk sistem karantina juga tidak ada perubahan dengan tetap dan terus memberlakukan karantina 10 hari.

Sumber berita: Antara

Foto: Antara