Sean Gelael Tampil Percaya Diri dengan Hyundai i20 N di Gorbus

Sean Gelael Tampil Percaya Diri dengan Hyundai i20 N di Gorbus

KABARINDO,  JAKARTA - Sebuah private test menandai geberan pertama Sean Gelael terhadap mobil reli barunya, Hyundai i20 N Rally2, sebelum dipakai berlaga pada Danau Toba Rally, 23-24 September 2023.. Tes tertutup itu diadakan sepanjang Selasa (19/9) di area Gorbus, yang tidak memakai jalur SS (special stage) karena beberapa peserta masih melakukan survei SS di sana. 

Di saat bersamaan Ricardo Gelael juga menguji coba Citroen C3 Rally2 bersama co-driver Gabriel Morales. Run awal di pagi hari tentu saja dimanfaatkan Sean dan co-driver Hugo Magalhaes ntuk pengenalan mobil Hyundai i20. Namun cukup sekali jalan bagi Sean untuk adaptasi, karena pada run kedua dia sudah gaspol.

"Mobil Hyundai ini sangat bagus di gravel dan tadi benar-benar saya rasakan kekuatannya. Ada satu area menakutkan tapi saya dan Hugo senang bisa relatif mulus melintas di sana," ujar Sean.

Area menakutkan dimaksud adalah di mana bagian samping lintasan berupa jurang, namun Sean tetap berusaha melaju kencang setipis mungkin jaraknya dari pinggir. 

Ketika me-review onboard camera, Hugo merasa takjub dengan adaptasi dan kecepatan Sean di atas Hyundai. "Woow, itu cepat sekali!" seru Hugo, pria Portugal yang seolah tak merasa dia bersama Sean di mobil tersebut.

Memang Sean tak selalu mulus dalam menjalankan program tes. "Seperti biasa, kami mencoba beberapa setelan mobil dan saya banyak berdiskusi dengan Daniel yang baru saja datang dari Portugal," ungkap Sean. Daniel Silva adalah engineer dari Sports and You sebagai tim teknis Jagonya Ayam Motorsport.

Pada sesi siang hingga sore hanya Sean/Hugo yang menjalani tes, sementara Ricardo/Gabriel tak melanjutkan latihan. "Saya mesti menyimpan energi dan sesi pagi rasanya sudah cukup. Terpenting adalah komunikasi saya dan Gabriel kian membaik," kata Ricardo, yang memilih jadi penonton Sean.

Karena melakukan tes tertutup, Sean dan Ricardo dengan sendirinya tak mengikuti official practice dari panitia di daerah Aek Nauli hari Selasa itu juga. H. Rahmat yang juga mengendarai Hyundai i20 N menjadi yang tercepat di practice tersebut.

Reli Danau Toba 23-24 September ini adalah putaran ketiga Kejurnas Reli dan putaran kelima Asia Pacific Rally Championship (APRC). Putaran final APRC nantinya juga digelar di Danau Toba pada November 2023.

Jadwal Danau Toba Rally

Sabtu, 23 September
SS1 - Negeri Dolok 1 (10,96 km)
SS2 - Huta Tonga 1 (16,67 km)
SS3 - Tobasari Gorbus (25,65 km)
SS4 - Negeri Dolok 2 (10,96 km)
SS5 - Huta Tonga 2 (16,67 km)

Minggu, 24 September
SS6 - Negeri Dolok Reverse (10,84 km)
SS7 - Huta Tonga Reverse (16,42 km)
SS8 - Tobasari Gorbus (25,65 km