Sean Gelael Terbaik di Putaran Pertama Rally Danau Toba

Sean Gelael Terbaik di Putaran Pertama Rally Danau Toba

KABARINDO, PARAPAT-Performa Sean Gelael pada Reli Danau Toba 2021 seperti menuntaskan rasa penasaran di ajang sama dua tahun lalu. Berbekal skill bagus, mobil cepat, kru teknis oke, Sean terbukti sangat cepat dan tanpa perlawanan.

Bedanya, pada 2019 dia gagal menang karena penalti besar walau sudah sempat unggul jauh. Tahun ini dia mulus tanpa hukuman dan meraih keinginannya untuk menaklukkan reli di destinasi wisata utama Indonesia yang terletak di Provinsi Sumatera Utara itu. Sean dan co-driver Hugo Magalhaes Ismael menjadi pemenang Putaran I Kejurnas yang berlangsung selama 6 SS sepanjang Sabtu (11/12).

Sementara itu sang ayah, Ricardo Gelael, yang berpasangan dengan Anthony Sarwoni finis di 10 Besar, tapi itu karena dia memang tidak pasang target. "Terasa banget capeknya karena sudah lama gak ikut reli. Tapi saya senang karena merasakan kembali sensasi menggeber mobil. Sesi di siang hari walau melelahkan tapi lebih enak karena saya lebih mengenal mobil dan medan," ujar Ricardo.

Langsung Melesat

Sejak SS1 Sean langsung melesat dan rata-rata unggul di atas 40 detik. Pesaing terdekatnya adalah Subhan Aksa, juara nasional 2019. Sampai _break_ setelah 3 SS di pagi hari, Sean unggul 2 menit lebih. Dan saat finis Sean total membuat catatan waktu 1 jam 14,2 detik, unggul 4 menit 48 detik atas Subhan.

"Alhamdulillah semua berjalan baik. Mobil enak dikendarai baik di lintasan berlumpur maupun bebatuan. Saya menikmati semuanya, kemenangannya, persaingannya, dan juga semangat untuk membuat reli di Indonesia lebih baik di masa datang," ujar andalan Team Jagonya Ayam itu.

Hugo juga menyatakan bahwa balapan hari ini berlangsung oke, walau lintasan berubah drastis dari pagi ke siang hari. "Tapi Sean membalap dengan baik. Tenang dan tak membuat kesalahan. Soal kecepatan, ya kita bisa lihat sendiri hasilnya," kata pria Portugal itu.

Putaran II Kejurnas Reli masih di lokasi dan jumlah SS yang sama pada Minggu (12/12). Hanya, arah lombanya di balik. Team Jagonya Ayam masih akan mengandalkan pasangan Sean/Hugo. Sementara mobil kedua akan dikendarai duet Portugal, Nuno Pinto/JJ Pereira.

*Hasil Putaran I Kejurnas Reli*
1. Sean Gelael/Hugo Magalhaes (Citroen) 1:00:14,2
2. Subhan Aksa/Mago Sarwono (Mitsubishi) 1:05:02,2
3. Glenn Nirwan/Adi Indiarto (Subaru) 1:06:27,4
4. Edwin Djaya/Maman Aruman (Mitsubishi) 1:08:31,1
5. Bimo Pradikto/M. Herkusuma (Mitsubishi) 1:09:13,5
...
10. Ricardo Gelael/Anthony Sarwono (Citroen) 1:11:22,3

*Jadwal Putaran 2 Kejurnas Reli*
*SS1: Gorbus* (15,23 km)
*SS2: Aek Nauli B* (14,70 km)
*SS3: Aek Nauli A* (9,48 km)

*SS4: Gorbus* (15,23 km)
*SS5: Aek Nauli B* (14,70 km)
*SS6: Aek Nauli A* (9,48 km)