Senkaido Open Karate Championship Piala Menpora 2023 Series ke-V Kembali Digelar di GOR Ciracas

Senkaido Open Karate Championship Piala Menpora 2023 Series ke-V Kembali Digelar di GOR Ciracas

KABARINDO,.JAKARTA - Sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November,  Senkaido menggelar Kejuaraan Karate tingkat nasional "Senkaido Open Karate Championship memperebutkan Piala Menpora Republik Indonesia 2023 Series ke V"  dari tanggal 10-12 November, digelar di GOR Ciracas, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Kejuaraan karate  yang dibuka oleh  Staf Ahli Menpora Bidang Inovasi dan Kepemudaan Olahraga Kemenpora RI,  Yohan, MSi, diikuti 2226 atlet karate dari 21 Provinsi.

Kemenpora dalam hal ini sangat menyambut baik kejuaraan Senkaido Karate Championship yang merupakan bentuk pembinaan kepada para atlet yang sudah direncanakan dan berkesinambungan sampai series ke-5 dari ketegori yunior hingga senior selama 3 hari.

" Kemenpora sangat apresiasi kejuaraan karate di GOR Ciracas tingkat nasional yang diikuti 21 Provinsi untuk mendapatkan atlet-atlet ditingkat nasional hingga internasional. Untuk mencetak atlet berprestasi tingkat internasional tentunya harus ada perencanaan yang baik, event-event yang diselenggarakan baik oleh cabang-cabang olahraga maupun masyarakat yang bisa menyelenggarakan kejuaraan sehingga bisa mendapatkan bibit atlet dari daerah, nasional hingga tingkat internasional," papar Yohan, MSi, kepada awak media, Jumat (10/11/2023).

Tujuan dari kejuaraan ini, lanjut Yohan, dalam rangka melakukan pembinaan, pengembangan terhadap atlet-atlet dari daerah-daerah dibina dan nantinya bisa ditingkatkan prestasinya di nasional bahkan hingga ke internasional. 

"Diharapkan pada event selanjutnya kejuaraan dapat diikuti dari seluruh provinsi di Indonesia, tentunya melalui PB Forki, kemudian Senkaido mampu terus kedepanhya menyelenggarakan event-event secara nasional dan berkelanjutan. Karena pembinaan atlet itu tidak sekejap mata bisa menghasilkan prestasi yang bagus perlu proses bertahun-tahun. Minimal 10 tahun atau minimal 10 ribu jam latihan yang harus dilakukan oleh para atlet untuk meraih prestasi baik nasional maupun internasiona," imbuh Yohan lagi 

Sementara itu, Suparni, Ketua panitia, mengungkapkan persiapan Kejuaraan Senkaido ini sudah dipersiapkan dengan matang agar berjalan baik dan sukses. 

"Kami dari Senkaido selalu mendukung apa yang direncanakan oleh Kemenpora dalam mengembangkan dunia olahraga terutama karate menunju Indonesia maju.  Visi misi kami dari Senkaido menyelenggarakan kejuaraan karate ini agar bisa mencetak atlet-atlet yang tangguh berprestasi  yang bisa membawa nama harum bangsa Indonesia," punkas Suparni. Foto: Orie Buchori/KABARINDO.com