Setelah Dua Tahun, Penerbangan Internasional Pertama Tiba di Bandara I Gust Ngurah Rai Bali

Setelah Dua Tahun, Penerbangan Internasional Pertama Tiba di Bandara I Gust Ngurah Rai Bali

KABARINDO, BALI - Penerbangan komersial langsung dari luar negeri untuk pertama kalinya sejak Maret 2020 mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Kamis (3/2/2022).

Penerbangan itu berasal dari maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 881.

"Hari ini adalah hari perdana untuk adanya penerbangan secara direct dari luar negeri yang mendarat di Bandara Bali," ujar Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra di Kabupaten Badung, Bali, Kamis (3/2/2022).

Ia mengungkap bahwa penerbangan itu mengangkurt 12 orang penumpang yang berasal dari Bandara Narita, Tokyo, menuju Pulau Dewata.

BACA JUGA:

Penghasilan Google Tahun 2021 Mencapai Rp 3.700 Triliun

Usai mendarat di Bali, 12 penumpang itu langsung menjalani tahapan pemeriksaan dokumen penerbangan serta pemeriksaan kesehatan sebelum menjalani karantina.

"Semua unsur terkait telah menjalankan tugasnya dengan baik. Seluruh alur kedatangan penumpang yang telah ditentukan sebelumnya juga bisa berjalan dengan baik," kata Kapolda Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Awal yang Baik untuk Wisata Bali

Sementara itu, Dirut PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Dony Oskaria mengatakan bahwa hal tersebut adalah pertanda yang bagi dunia pariwisata di Bali.

"Setelah dua tahun Bali tidak menerima tamu, hari ini adalah hari pertama yang patut kami syukuri," ungkapnya.

Dony mengatakan bahwa seluruh BUMN yang tergabung dalam holding aviasi dan pariwisata sangat mendukung proses pemulihan pariwisata Bali dan datangnya penerbangan dari luar negeri merupakan sebuah awal.

"Kami terbang dengan Garuda Indonesia, bandara kami siapkan dengan sangat baik, proses Bali entry registration system juga berjalan dengan sangat baik kemudian juga di Nusa Dua yang berada di bawah Aviasi Pariwisata juga menyiapkan untuk karantinanya," ungkap Dony Oskaria.

Ia lantas berharap supaya Pulau Dewata bisa kembali kedatangan turis asing guna membangkitkan perekonomian Bali yang terdampak pandemi.

Di sisi lain,, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, dibukanya kembali layanan penerbangan Narita-Denpasar merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam mendukung program pemerintah.

"Dilayaninya penerbangan internasional Narita-Denpasar ini menjadi momentum tersendiri atas akselerasi dan sinergitas seluruh stakeholder penerbangan dalam mendukung kebangkitan sektor ekonomi nasional, khususnya Bali yang merupakan salah satu kawasan ekonomi terpadu di Indonesia," ujarnya.

Sumber Berita: Antara

Foto: Antara