Shah Rukh Khan Dituduh Meludah di Upacara Kremasi Lata Mangeshkar

Shah Rukh Khan Dituduh Meludah di Upacara Kremasi Lata Mangeshkar

KABARINDO, JAKARTA - Shah Rukh Khan dikecam diduga meludah di upacara kremasi penyanyi legendaris India, Lata Mangeshkar.

Lata Mangeshkar merupakan penyanyi lagu Kabhi Khushi Kabhie Gham yang filmnya dibintangi oleh Shah Rukh Khan. Lata Mangeshkar meninggal pada 6 Februari karena Covid-19.

Dalam salah satu video yang diunggah di Twitter, Khan bersama dengan manajernya, Pooja Dadlani nampak sedang menghadiri upacara kremasi Lata Mangeskhar. Upacara kremasi ini berlangsung di Taman Shivaji, Mumbai, Minggu (6/2) waktu setempat.

Ketika ritual, Khan terlihat mengangkat tangannya sambil berdoa memanjatkan doa. Pooja pun telihat melipat tangannya untuk memberikan penghormatan kepada penyanyi tersebut.

Sebagai penghormatan terakhirnya, Khan terlihat memberikan karangan bunga dan menyentuh kaki Lata Mangeskhar. Setelah berdoa, Khan meniupkan udara sesuai dengan tata cara Islam, yang diketahui sebagai agama Shah Rukh Khan.

Unggahan ini lah yang membuat banyak netizen mengecam perbuatan Shah Rukh Khan. Netizen banyak mengritik bintang Bollywood tersebut karena ‘meludahi’ mendiang Lata Mangeskhar. Mereka berpikir jika Khan bukannya meniup udara, tapi meludah.

“Jika itu adalah ritualnya, ia harus mengikuti aturan yang berlaku di lokasi. Ini disengaja untuk menarik perhatian,” tulis salah satu netizen.

Namun, ada juga netizen yang membela aktor berusia 56 tahun itu.

“India adalah negaranya dan dia mengikuti ritualnya di negaranya (di tanah airnya). Setidaknya dia bukan orang yang perlu menarik perhatian, perhatian berpindah ke mana pun dia pergi. Hentikan bertindak seperti polisi dan membelah pendapat orang,” tulis akun lain.

Anggota Parlemen India, Shiv Sena Sanjay Raut pun turut mengutuk netizen yang menuding Khan atas unggahannya.

“Memalukan cara orang-orang menjebaknya (Shah Rukh Khan). Beberapa orang melakukan politik atas nama agama bahkan pada kejadian menyedihkan kematian Lata. Kita semua tahu siapa orang-orang ini. Tidak ada yang eprlu diberi tahu,” ujar Shiv Sena Sanjay Raut.

Lata Mangeskhar meninggal di usinya yang ke 92 tahun, pada Minggu (6/2). Ia meninggal akibat kegagalan sejumlah organ tubuhnya.

Menurut dokter Mangeshkar, Pratit Samdan, Lata Mangeskhar memang sempat dirawat di rumah sakit pada 11 Januari lalu akibat Covid-19. Namun, kondisinya sempat membaik sebelum kondisinya mulai turun lagi pada Sabtu (5/2). Ia pun memakai kembali alat bantu yang sempat ia gunakan hingga akhir Januari. Lata Mangeskhar pun menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu pagi.

Banyak tokoh-tokoh terkemuka India yang hadir di pemakaman Lata Mangeskhar untuk memberikan penghormatan terakhirnya, seperti sejumlah politisi, beberapa aktor Bollywood, Ketua Menteri Maharashtra Uddhav Thackeray, dan tak ketinggalan Perdana Menteri Narendra Modi.

Sumber: CNNIndonesia.com

Foto: www.instagram.com/iamsrk