Shin Tae-yong Kembali ke Korea Selatan Lanjutkan Kerja di Seongnam FC

Shin Tae-yong Kembali ke Korea Selatan Lanjutkan Kerja di Seongnam FC

KABARINDO, JAKARTA - Pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong resmi balik ke Korea Selatan ketika Timnas Indonesia memasuki masa libur. Mengutip dari akun Instagram Seongnam FC, @sfc.seongnam, pelatih 53 tahun itu kembali bekerja bersama klub asal Korea Selatan tersebut.

Kelar membawa Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023, Shin Tae-yong rupanya mendapat jatah libur dari PSSI. Kesempatan libur itu digunakan Shin Tae-yong untuk pulang ke Korea Selatan.

Di Negeri Ginseng tersebut, Shin Tae-yong kembali bekerja bersama Seongnam FC. Sekadar diketahui, sejak medio Oktober 2023, Shin Tae-yong dipercaya sebagai Ketua Komite Penasihat Seongnam FC.

Lantas, apa tugas yang dikerjakan Shin Tae-yong saat mengemban tugas tersebut? Ayah dua anak itu memiliki peran menjadi penasihat di bidang pengelolaan pemain dan klub, termasuk merekomendasikan klub terkait pemain mana yang cocok untuk Seongnam FC.

Karena itu, Shin Tae-yong bisa saja merekomendasikan Seongnam FC untuk merekrut pemain asal Indonesia. Namun, rekomendasi itu tidak bisa sembarangan, melainkan sang pemain wajib memiliki kualitas bersaing di Liga 2 Korea Selatan.

“Bersama presiden Seongnam FC Shin Sang-jin dan Ketua Komite Penasihat Seongnam FC, Shin Tae-yong,” tulis Seongnam di akun Instagram mereka, @sfc.seongnam.

Harapannya tugasShin Tae-yongdi atas tidak menggangu konsentrasinya bersama Timnas Indonesia. Sebab, pemikiran Shin Tae-yong dibutuhkan demi mendongkrak performa Timnas Indonesia.

Bulan depan, Timnas Indonesia akan ambil bagian di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sesuai jadwal, Timnas Indonesia bersua Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Dua kemenangan wajib disabet Timnas Indonesia jika ingin membuka peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Selanjutnya pada 15 April hingga 3 Mei 2024, Timnas Indonesia U-23 mentas di Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania. Hanya juara dan runner-up grup yang diizinkan lolos ke perempatfinal Piala Asia U-23 2024.