Signify ‘Hidupkan’ Aek Natolu dengan Pencahayaan Tenaga Surya Ramah Lingkungan

Signify ‘Hidupkan’ Aek Natolu dengan Pencahayaan Tenaga Surya Ramah Lingkungan

KABARINDO, JAKARTA -  Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, berkomitmen untuk memberikan dampak sosial positif melalui solusi yang mengedepankan prinsip berkelanjutan dan ramah lingkungan. Komitmen tersebut kini diwujudkan melalui peran Signify lewat pemasangan lampu jalan tenaga surya di Jalan Aek Natolu, Kab. Toba, Sumatra Utara, yang memberikan visibilitas optimal bagi pengendara sekaligus berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian dan pariwisata lokal untuk jangka panjang.

Adapun Jalan Aek Natolu merupakan ruas jalan yang menghubungkan empat desa di daerah Ajibata, sekaligus salah satu akses menuju Pelabuhan Ajibata yang melayani penyeberangan feri di kawasan Danau Toba. Lokasinya yang strategis membuat Jalan Aek Natolu memiliki peran yang krusial dalam menggerakkan roda kehidupan di Kabupaten Toba.

 

“Ini menjadi contoh luar biasa dari bagaimana solusi lampu tenaga surya (solar) Signify yang ramah lingkungan, mempergunakan energi terbarukan di area tanpa jaringan kabel listrik yang dapat menghadirkan dampak signifikan dalam mendukung mobilitas warga hingga turis di Jalan Aek Natolu. Selain membantu meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat, pencahayaan ini pun ikut berkontribusi menggerakkan perekonomian daerah, mulai dari kelancaran distribusi logistik seperti hasil perkebunan hingga membuka potensi pariwisata di kawasan Toba lebih luas lagi,” ujar Dedy Bagus Pramono, Country Leader Signify Indonesia.

Melalui solusi pencahayaan dari Signify, Jalan Aek Natolu menjadi lebih aman dan nyaman untuk dilalui, mengingat jalur tersebut melewati perbukitan dan banyak titik yang dikelilingi oleh hutan. Adapun solusi pencahayaan yang digunakan di Jalan Aek Natolu adalah Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) tipe Philips SmartBright All-in-one. Lampu ini tidak memerlukan penarikan kabel sehingga proses instalasi dapat dilakukan dengan mudah tanpa merusak alam dan pemandangan. Solusi pencahayaan ini juga menggabungkan baterai, panel surya, dan lampu menjadi satu yang menambah kepraktisan saat proses instalasi. Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) tipe Philips SmartBright All-in-one terpasang hampir 200 titik di sepanjang 11 km Jalan Aek Natolu.

 

Solusi Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) dari Signify mampu memberikan penerangan yang maksimal sehingga dapat meningkatkan keselamatan bagi pengendara yang melintasi Jalan Aek Natolu

 

“Jalan Aek Natolu adalah bagian dari program pemerintah untuk mendukung Kabupaten Toba sebagai kawasan strategis pariwisata nasional. Salah satu tantangan pembangunan jalan ini adalah instalasi listrik yang kompleks sehingga perlu menerapkan sistem off grid. Maka dari itu, kami memutuskan untuk memakai solusi Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) dari Signify yang proses instalasinya mudah dan cepat. Kami pun senang karena teknologi LED PJUTS ini mampu memberikan penerangan yang maksimal sehingga dapat meningkatkan keselamatan bagi pengendara untuk melalui jalur tersebut tanpa khawatir,” tutur Ellys Denny Loan Aruan, Pengawas Lapangan PPK 2.6 Provinsi Sumatera Utara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Aruan menambahkan, pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) tipe Philips SmartBright All-in-one di Jalan Aek Natolu yang mulai beroperasi sejak akhir tahun 2022 telah mendapat respons positif dari masyarakat setempat sampai saat ini. Pasalnya, instalasi lampu tenaga surya ini mampu menghidupkan aktivitas ekonomi di kawasan sekitar.

 

“Sebagai pemilik usaha warung di Jalan Aek Natolu, saya sangat bersyukur dengan adanya pemasangan lampu di jalan ini. Sebelum ada lampu, orang-orang takut untuk berkunjung setelah matahari terbenam karena tidak ada penerangan. Tapi sekarang saya bisa buka warung sampai malam hari dan melayani lebih banyak pelanggan, sehingga pendapatan saya juga ikut bertambah,” ujar Lili Pakpahan, salah satu warga setempat.

 

Adapun penyediaan produk lampu tenaga surya yang hemat energi dan mengurangi emisi karbon ini menjadi salah satu upaya Signify untuk mendukung visi pemerintah dalam mencapai netralitas karbon pada 2060 dalam program Green Switch. Pada Juni 2023, Signify meluncurkan kampanye global Green Switch di Indonesia yang menawarkan cara paling sederhana bagi masyarakat, pelaku industri, dan pemerintah untuk mengurangi emisi karbon, yakni dengan beralih ke pencahayaan yang hemat energi dan ramah lingkungan seperti LED, pecahayaan tenaga surya, dan LED terkoneksi yang. Kampanye ini juga memfasilitasi langkah-langkah praktis untuk memenuhi komitmen keberlanjutan. Tujuan Green Switch dalam mencapai net-zero emission berlandaskan pada enam pilar, yaitu Renovation Wave, Clean Energy, Circular Economy, Clean Mobility, Biodiversity, dan Digitalization.

 

Melalui kampanye Green Switch, Signify bertujuan untuk bersinergi dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya untuk beralih ke pencahayaan hijau demi Indonesia yang lebih berkelanjutan. Pemasangan lampu di Aek Natolu ini pun selaras dengan salah satu dari enam pilar utama Green Switch, yakni Clean Energy, di mana menggunakan solusi pencahayaan tenaga surya yang bersih, ramah lingkungan dan hemat energi.