Simak! Ini 16 Kota Tuan Rumah Piala Dunia 2026 yang Telah Resmi Diumumkan FiFA

Simak! Ini 16 Kota Tuan Rumah Piala Dunia 2026 yang Telah Resmi Diumumkan FiFA

KABARINDO, - Federasi  Sepak Bola Dunia (FIFA) telah resmi mengumumnkan 16 kota tuan rumah Piala Dunia 2026. Adapun 11 kota itu tersebar di tiga negara, yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Piala Dunia 2026 sendiri rencananya akan diselenggarakan di tiga negara berbeda. Ketiga negara itu Amerika Serikat, Meksiko, Kanada.

Dari 16 kota yang diumumkan FIFA, sebanyak 11 kota lokasi berada di Amerika Serikat. Kota tersebut yakni Atlanta, Boston, Dallas, Houston, Kansas City, Los Angeles, Miami, New York/New Jersey, Philadelphia, San Francisco dan Seattle.

Kemudian, dua kota terletak lainnya terletak di Kanada, yakni kota Kota Toronto dan Vancouver. Sisanya, tiga kota lain berada di Meksiko, yaitu di Kota Guadalajara, Mexico City dan Monterrey.

Selain diadakan di tiga negara berbeda, Piala Dunia 2026 pun akan menggunakan format baru. Hal itu menyusul dengan bertambahnya partisipan Piala Dunia 2026 menjadi 48 negara. Jumlah itu meningkat dari Piala Dunia 2022 di Qatar yang dimainkan 32 negara.

Pemilihan 16 kota ini dikonfirmasi dalam acara yang berlangsung di Rockefeller Center, New York City pada Kamis 16 Juni 2022 waktu setempat. Sebelumnya ada sejumlah kota seperti Cincinnati, Denver, Edmonton, Nashville, Orlando dan Washington D.C yang tidak lolos seleksi.

"Kami mengucapkan selamat kepada 16 kota tuan rumah Piala Dunia FIFA atas komitmen dan semangat mereka yang luar biasa," kata presiden FIFA Gianni Infantino dalam pernyataannya dikutip laman Rte.

Hari ini adalah hari bersejarah - untuk semua orang di kota dan negara bagian itu, untuk FIFA, untuk Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko yang akan menampilkan pertunjukan terhebat,” lanjutnya.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka untuk memberikan apa yang akan menjadi Piala Dunia FIFA yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pengubah permainan saat kami berusaha membuat sepak bola benar-benar mendunia,” tandasnya.

Meksiko akan kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah 40 tahun terakhir. Sebelumnya, Meksiko pernah jadi tuan rumah Piala Dunia pada 1986 dan 1970.

Sementara Amerika Serikat telah menggelar edisi Piala Dunia 1994, di mana Brasil keluar jadi juara. Sedangkan Kanada sebelumnya tidak pernah menjadi tuan rumah kompetisi tersebut. Akan tetapi, Kanada pernah menggelar Piala Dunia wanita pada 2015, yang dimenangkan oleh Amerika Serikat.