Sirkuit Mandalika Punya Keunggulan yang Tak Dimiliki Lintasan Lain di Dunia

Sirkuit Mandalika Punya Keunggulan yang Tak Dimiliki Lintasan Lain di Dunia

KABARINDO, JAKARTA - Pembalap terbaik di dunia tak lama lagi bakal tiba di Indonesia untuk melakoni lomba seri kedua MotoGP musim 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 Maret mendatang. 

Setelah sempat menjalani tes pramusim pada 11-13 Februari lalu, tak sedikit pembalap yang mengaku tak sabar untuk kembali ke Indonesia karena banyak hal menarik lainnya yang bisa mereka bisa rasakan, termasuk keindahan alam. 

Melihat antusias dari para pembalap MotoGP, tiga narasumber dalam acara Spesial Show "Atmosfer MotoGP di Indonesia" di Mandalika GP Hub di Epicentrum Walk Mall, Kuningan, Jakarta, Minggu (13/3/2022) sepakat bahwa Sirkuit Mandalika memang punya daya tarik tersendiri dibanding dengan lintasan lain yang ada di belahan dunia.

Mereka adalah jurnalis senior Bobby Arifin, mantan pembalap wanita Indonesia Rally Marina Sosro Atmodjo, dan Founder and CEO Alrayid Indo Racing sekaligus mantan pembalap nasional Rachmat Alrasyid. 

"Keindahan alamnya luar biasa. Ada pantai, ada bukit yang bisa menyuguhkan pemandangan sangat indah. Pemilihan lokasi Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP saya pikir tepat. Masyarakat lokalnya juga sangat ramah. Banyak hal menarik lainnya di sana," kata Bobby yang meliput langsung tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, 11-13 Februari lalu.

Pada kesempatan yang sama, Rally juga mengaku sangat rindu dengan balapan MotoGP di Indonesia setelah absen selama 25 tahun.

"Setelah 25 tahun di Sirkuit Sentul akhirnya MotoGP kembali ke Sirkuit Mandalika. Saya sangat antusias, karena ini beda banget dari sisi mana pun di dunia. Biasanya sirkuit itu panas. Tetapi kalau di Sirkuit Mandalika ini bukan sekadar nonton balapan tetapi juga seperti liburan. Ini sisi yang sangat baik. Karena dunia melihat kita dan otomatis pariwisata dan budaya kita akan ikut terangkat," ujar Rally.  

Sementara Acid, sapaan akrab Rachmat  Alrasyid menyebut kembalinya MotoGP ke Indonesia adalah impian banyak penggemar motosport di Tanah Air. 

"Kita masyarakat Indonesia yang biasannya menyaksikan MotoGP malalui televisi, saat ini bisa menyaksikan secara langsung di negeri sendiri. Kita bisa melihat penampilan dari pembalap dan raungan dari motor mereka. Tentunya, akan menarik dan seru," ujar Alrasyid. 

Dalam kesempatan ini, dia juga mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika adalah aset "emas" untuk Indonesia. Dia berharap dengan kembalinya MotoGP ke Indonesia bisa membawa keuntungan dalam banyak hal. 

"Semoga orang di luar sana akan berdatangan dan melihat keindahan dari Sirkuit Mandalika. Semoga hal ini juga membawa perubahan bagi dunia balap Indonesia," ujar Alrasyid. 

Spesial Show "Atmosfer MotoGP di Indonesia" merupakan satu dari serangkaian agenda yang berlangsung di Mandalika GP Hub Jakarta. 

Pengunjung Mandalika GP Hub juga dapat merasakan kentalnya atmosfer gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika mengingat di lokasi ini juga hadir safety car BMW yang digunakan pada MotoGP Indonesia.

MGPA juga menghadirkan kegitan lainnya seperti adanya permainan simulasi MotoGP dan booth playstation yang menyediakan permainan MotoGP. Terdapat pula sejumlah booth di Mandalika GP Hub Jakarta yang menyediakan giveaway dan merchandise serta kompetisi media sosial.