Solihin GP Wafat, Jusuf Kalla Ucapkan Belasungkawa

Solihin GP Wafat, Jusuf Kalla Ucapkan Belasungkawa

KABARINDO, BANDUNG - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Muhammad Jusuf Kalla (JK) menyampaikan ucapan duka cita mendalam atas meninggalnya mantan Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975, Solihin GP.

Ucapan duka disampaikan JK saat melayat almarhum Solihin GP yang disemayamkan di Makodam III/Siliwangi, jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024).

"Innalillahi Wainnailaihi Rajiun. Kita semua berduka atas berpulangnya ke rahmatullah, Alm. Bapak Solihin GP, hari ini," kata JK dalam keterangannya.

JK mengenang Solihin GP sebagai salah satu pejuang bangsa Indonesia. Menurut JK, Solihin GP memiliki sejarah yang luar biasa bagi masyarakat Sulawesi Selatan saat pemberontakan DI/TII tahun 60-an silam.

"Beliau adalah pejuang bangsa khususnya rakyat Sulsel, bersama-sama dengan alm Jenderal M Yusuf, Pak Solihin adalah tokoh yang memberikan keamanan setelah pemberontakan DITII di Makassar dan selesai tahun 1964," ucap JK.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia tersebut menyampaikan, kala itu baik M Yusuf dan Solihin GP mampu memberi rasa aman bagi warga Sulawesi Selatan di tengah kondisi konflik.

Selain itu, di mata JK, Solihin GP juga sukses bekerja di pemerintahan saat menjabat sebagai gubernur Jawa Barat. JK menilai, Solihin GP sukses mengatur pemulihan bangsa.

"Beliau telah memberikan jasa-jasa yang luar biasa bagi bangsa ini," ujar JK.

JK mengajak seluruh masyarakat di Tanah Air untuk turut mendoakan almarhum Solihin GP agar diberikan tempat yang terbaik.

"Semoga arwah beliau dapat ditempatkan di sisi Allah SWT yang tinggi atas segala amal ibadahnya," pungkas JK. Foto: Ist