Sony Disebut Sedang Kembangkan Fitur Baru PS5 guna Saingi Xbox Game Pass

Sony Disebut Sedang Kembangkan Fitur Baru PS5 guna Saingi Xbox Game Pass

KABARINDO, JEPANG - Sony sedang mengerjakan layanan Xbox Game Pass yang bersaing untuk PlayStation menurut sebuah laporan baru.

Dilansir dari Bloomberg , Sony membagikan detail kode layanan baru bernama "Spartacus" di mana pemilik PlayStation dapat membayar biaya bulanan untuk akses ke perpustakaan game modern dan klasik. Ini adalah model yang sama yang digunakan untuk layanan Game Pass populer Xbox.

Dokumen pada proyek mengungkapkan tiga tingkatan untuk layanan yang akan datang, pertama mencakup manfaat yang sama seperti PlayStation Plus, yang diperlukan untuk game online dan dilengkapi dengan beberapa game gratis setiap bulan. 

Tingkat yang lebih tinggi menawarkan akses ke katalog game seperti Game Pass, dan tingkat ketiga akan mencakup demo yang diperluas, streaming game, dan akses ke perpustakaan yang lebih besar yang mencakup game PS1, PS2, PS3, dan PSP.

Mengingat bahwa backward compatibility telah menjadi permintaan populer dari pemilik PlayStation, menggunakan layanan baru untuk memperkenalkan game lama ke koleksi bisa menjadi langkah yang menarik.

Layanan baru ini diharapkan akan diluncurkan pada musim semi 2022 dan akan menggabungkan dua layanan berlangganan Sony, PlayStation Plus dan PlayStation Now yang merupakan layanan cloud yang memungkinkan pengguna melakukan streaming game langsung ke konsol mereka. 
Menurut Bloomberg, nama PlayStation Plus akan tetap ada, tetapi PlayStation Now akan dihapus sebagai merek.

Meskipun mengalahkan pesaing seperti Stadia ke pasar, PlayStation Now disebut telah gagal menjadi layanan berlangganan bagi PlayStation, meskipun Sony baru-baru ini mengambil langkah untuk menambahkan rilis besar seperti God of War dan The Last of Us 2.

Jelas terlihat mengapa PlayStation ingin masuk ke layanan yang mirip dengan Game Pass. 

Layanan berlangganan Xbox telah menjadi hit besar bagi perusahaan dan memiliki lebih dari 18 juta pelanggan pada Januari 2021.

Di samping akses ke koleksi game, Xbox Game Pass juga menawarkan pengguna akses hari pertama ke game Xbox pihak pertama seperti Forza Horizon 5 dan Halo Infinite. 

Game-game di masa depan seperti Starfield dari Bethesda juga akan hadir di Xbox Game Pass.yang menawarkan langganan Game Pass seharga 10 dolar AS per bulan atau 15 dolar AS per bulan untuk tingkat Ultimate yang mencakup Game Pass untuk konsol dan PC plus streaming cloud.

Sumber: Bloomberg
Foto: Sony