Standard Chartered Bank; Libatkan 1.000 Karyawan Dalam Program Relawan Edukasi Lingkungan & Donasi Buku

Jakarta, Kabarindo- Akhir pekan ini Standard Chartered Bank (“Bank”) mengajak 1.000 karyawannya.

Untuk menumbuhkan rasa kerjasama, melatih empati sekaligus meningkatkan semangat dan produktifitas kerja dengan menjadi relawan (volunteer). 

Kegiatan sukarela yang dikemas dalam acara Employee Gathering di area pelataran Bintaro Xchange, Tangerang Selatan ini menyoroti pentingnya memelihara lingkungan sesuai dengan pilar CSR Bank.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup tahun 2016, total limbah sampah akan mencapai 64 juta ton per tahun di Indonesia, dimana 14 persennya adalah sampah plastik. Dody Rochadi, Country Head, Corporate Affairs, Standard Chartered Bank mengatakan, “Kami percaya bahwa bisnis yang sustainable tidak hanya mencakup profitabilitas semata, namun bagaimana Bank melibatkan partisipasi aktif dari karyawan untuk sama-sama menumbuhkan kesadaran dan peduli lingkungan yang dimulai dari diri sendiri”.

Dody menambahkan, “Sebagai upaya memberikan dukungan global pembangunan milenial (MDGs) ke 7 terkait pelestarian lingkungan, Bank secara konsisten melakukan berbagai kegiatan seperti pengurangan penggunaan kertas dengan transaksi berbasis online, penurunan emisi CO2 melalui kegiatan car pooling, selain juga penerapan proses due diligence klien/nasabah yang kegiatannya tidak mempunyak dampak perusakan terhadap lingkungan. Hari ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dimana 1.000 karyawan kami turun bahu-membahu untuk menciptakan kesadaran bersama masyarakat.”

Sebanyak 35 siswa-siswi SDN 04 Karet Timur, Jakarta menerima pendampingan dalam aktivitas edukasi tentang pemeliharaan lingkungan, dimana beberapa kegiatan seperti daur ulang sampah plastik, pembuatan sumur resapan (biopori) dan penanaman hidroponik – dipandu oleh komunitas Bank Sampah. 

Dalam acara tersebut, Bank juga mengajak serta karyawannya untuk mengumpulkan buku-buku dan peralatan sekolah yang disalurkan kepada sebuah komunitas sekolah alam Yayasan Kandank Jurank Doank, yang nantinya akan digunakan oleh anak-anak marginal di berbagai tempat.

Rangkaian upaya nyata juga telah dilakukan oleh Standard Chartered Bank Indonesia sejak tahun 2009, seperti penanaman mangrove di beberapa tempat seperti Rinjani - Nusa Tenggara Barat, Pulau Pramuka dan Semak Daun Kepulauan Seribu Jakarta, dan penanaman pohon dengan tingkat ketahanan air cukup tinggi di area Banjir Kanal Timur dan Ciliwung, serta bantuan pengolahan fasilitas air bersih dan pemberdayaan masyarakat kampung kapuk.