Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan M4,0

Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan M4,0

KABARINDO, JAKARTA - Gempa bumi dengan Magnitudo (M)4,0 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa 28 Februari 2023 pukul 20:11:48 WIB. Gempa terjadi di darat pada jarak 11 km Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman 3 km.

 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter gempa terletak pada koordinat 7.03 LS dan 106.64 BT.


“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri,” ungkap Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto dalam keterangan resminya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kota Sukabumi, Palabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kemudian di Bogor, Lebak, dan Bayah dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” ucap Hartanto.

Hartanto melaporkan hingga pukul 20:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempab umi susulan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya.