Sukses Naikkan Transaksi 10 Kali Lipat, OttoPoint Digandeng Bank Hingga Bengkel Motor

Sukses Naikkan Transaksi 10 Kali Lipat, OttoPoint Digandeng Bank Hingga Bengkel Motor

KABARINDO, JAKARTA - Sejak 2020 lalu, OttoPoint telah mendukung beragam perusahaan untuk mendekatkan diri dengan pelanggan setianya. Tentunya hal ini dilakukan agar para pelanggan lebih senang untuk bertransaksi secara berkala dan akhirnya berdampak positif pada keuntungan dari perusahaan tersebut. Salah satu program OttoPoint yang sukses dijalankan oleh mitra OttoPoint adalah program loyalitas berbasis koalisi.

 

Program ini membuka peluang kepada bisnis untuk bergabung dalam satu ekosistem program loyalitas, sehingga hasil kolaborasi ini memberi banyak manfaat bagi konsumen maupun bisnis yang bermitra. Disini, perusahaan tidak harus repot membangun sistem loyalitas dari nol karena dapat menggunakan platform dari OttoPoint yang telah dilengkapi fitur komprehensif.

 

Lebih menarik lagi, perusahaan tidak perlu mengakuisisi sendiri merchant partner atau penyedia reward untuk program loyalitas. Pelanggan pun dapat menikmati berbagai macam reward populer yang mencakup keinginan dan kebutuhan mereka.

 

Model ini juga menawarkan berbagai manfaat positif lain bagi perusahaan maupun konsumen. Pertama, perusahaan bisa menjalankan beragam skema loyalitas secara bersamaan untuk meningkatkan interaksi, kesetiaan dan jumlah pelanggan aktif. Kedua, skema perolehan reward dapat diatur melalui pemberian poin atau voucher digital, maupun berdasarkan transaksi yang dilakukan.

 

Ketiga, investasi yang dibutuhkan untuk operasional hariannya relatif lebih ekonomis, sehingga meringankan biaya yang harus dikeluarkan. Keempat, para mitra didukung dengan sistem handal, serta tim yang ahli di bidang program loyalitas. Melalui model koalisi, pelanggan juga dimanjakan untuk mengumpulkan poin dan mendapatkan reward dengan waktu yang jauh lebih cepat. Hal ini karena semua perolehan poin akan terkumpul dalam satu akun, bahkan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Terdapat pula beragam fitur dan promo reguler yang tentunya membuat pelanggan lebih setia.

 

“Mitra yang bergabung dengan kami dan mengimplementasikan program koalisi sudah banyak yang merasakan manfaat positifnya. Dari beberapa data yang sempat kami dapatkan, pada 9 bulan awal para mitra mengalami peningkatan yang signifikan baik dari segi loyalitas pelanggan maupun transaksi yang dilakukan,” ujar James Hamdani, CEO dari OttoPoint.

 

Dia juga memaparkan bahwa pertumbuhan positif itu berupa naiknya transaksi berulang sebesar 55 persen, gross transaction value (GTV) hingga 10 kali lipat dan juga frekuensi transaksi 6 kali lebih banyak dibandingkan sebelum menerapkan program loyalitas. “Dengan investasi yang lebih efisien dibandingkan dengan memberikan potongan harga secara langsung, bisa dilihat bahwa program loyalitas bisa menjadi masa depan yang cerah dan sustainable untuk para mitra kami,” lanjut James.

 

Pada 2021 lalu, OttoPoint telah memiliki beragam mitra yang mengintegrasikan program loyalitas koalisi pada aplikasi mereka, antara lain bank BPD Jambi, klub bola Bali United, perusahaan fintech OttoPay dan OTTO. Di 2022 ini, secara bertahap terdapat penambahan mitra lagi, dua dari industri perbankan yaitu BPD Jambi Syariah dan BPD Bali, dan jaringan bengkel motor multi-brandBenerin Motor yang kini telah memiliki 46 cabang di seluruh pulau Jawa.

 

Salah satu perwakilan mitra mengaku puas dengan layanan OttoPoint. “Sejak OttoPoint terintegrasi, merchant OttoPay semakin semangat untuk meningkatkan transaksinya di aplikasi kami karena berkesempatan untuk mendapatkan banyak reward. Bahkan kami mencatat ada kenaikan yang cukup signifikan untuk pengguna aktif OttoPay di tahun 2021,” ucap Tommy Renato, Business Development Manager OttoPay.