Terhambat soal Submisi, 'Spider-Man: No Way Home' Gagal Masuk Nominasi BAFTA

Terhambat soal Submisi, 'Spider-Man: No Way Home' Gagal Masuk Nominasi BAFTA

KABARINDO, LONDON - Film "Spider-Man: No Way Home" dipastikan gagal masuk nominasi British Academy Film Awards (BAFTA) karena terhambat masalah submisi.

Menurut BAFTA, Sony Pictures Entertainment selaku distributor belum mengunggah "Spider-Man: No Way Home" ke portal submisi BAFTA View dengan alasan potensi pembajakan mengingat film itu belum dirilis di beberapa wilayah.

BAFTA View adalah portal streaming yang dibuat BAFTA guna memudahkan para anggotanya memberi hak suara secara daring.

Portal ini diperkenalkan pada 2020 dan tahun ini menandai pertama kalinya BAFTA tidak mengizinkan distributor film mengirim DVD screener untuk proses submisi.

Baca Juga: Lanjut, Serial Emily in Paris Akan Punya Musim Ketiga dan Keempat

Semula, "Spider-Man: No Way Home" mendapat jadwal submisi ke BAFTA View pada 30 Desember 2021 sedangkan proses pemungutan suara putaran pertama ditutup pada 3 Januari 2022.

Dalam platform BAFTA View per Senin (10/1/2022), tertulis bahwa "Spider-Man: No Way Home" tidak memenuhi kriteria kelayakan dan tidak memenuhi syarat untuk masuk nominasi.

"Semua film harus tersedia untuk anggota di BAFTA View sebelum pemungutan suara putaran satu ditutup untuk memastikan keadilan dan kesetaraan untuk semua judul. Film ‘No Way Home’ ini tidak disediakan oleh distributor,” tulis BAFTA.

"Spider-Man: No Way Home" menjadi satu-satunya film box office yang tidak masuk di BAFTA View untuk musim penghargaan British Academy Film Awards 2022.

Sebagai perbandingan, film “Eternals” muncul di platform BAFTA View sebelum rilis di Disney+ pada 12 Januari 2022 begitu juga dengan “The Matrix Resurrections” yang sudah muncul meski baru tersedia di layanan streaming HBO Max di Amerika Serikat.

Sementara itu, "Spider-Man: No Way Home" Sejak dirilis pada 15 Desember 2021 telah meraup 1,5 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp21,4 triliun secara global hingga saat ini.

Sumber Berita: Antara
Foto: Instagram