Terima Plt Ketum PP MPI, Marciano Norman Pesan Segera Cari Ketum Peduli Cetak Prestasi Olahraga

Terima Plt Ketum PP MPI,  Marciano Norman Pesan Segera Cari Ketum Peduli Cetak Prestasi Olahraga

KABARINDO, JAKARTA:  Plt Ketua Umum Pengurus Pusat Modern Pentahtlon Indonesia (PP MPI) Hifni Hasan bersama jajarannya melakukan audensi kepada Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman untuk melaporkan hasil Munas III/ 2023, Kamis (1/2/2024), di Lantai 12 Kantor KONI Pusat Senayan, Jakarta. 

"Kedatangan kami ke sini untuk melaporkan hasil Munas PP MPI yang digelar 12 Januari di Jakarta. Secara kebetulan saya dipercaya menjadi Plt Ketum dengan tugas segera menggelar Munaslub untuk memilih Ketum PP MPI 2024-2028 dengan menjalankan arahan Ketum KONI Pusat untuk membentuk Tim Pejaringan dan Penyaringan (TPP) Caketum," kata Hifni.

Di kesempatan ini Hifni juga melapor cabang modern penthatlon dipertandingkan di Olimpide 2024 Paris dan PP MPI tengah melakukan lobi ke federasi penthatlon internasional agar atlet Indonesia dapat tampil melalui jalur wildcard (fasilitas khusus-red).

"Modern penthanlon Indonesia telah berhasil mengibarkan Merah Putih dengan merebut enam medali perunggu di kejuaraan internasional di Thailand. Lebih dari itu kita juga berhasil keluar menjadi juara umum cabor penthatlon di SEA Games 2019 Filipina," terang Hifni. " Jadi modern penthatlon Indonesia punya prospek sangat bagus untuk mengharumkan nama Indonesia," sambungnya.

Sementara Marciano Norman berpesan agar PP MPI benar-benar memilih Ketum yang punya waktu dan cinta olahraga agar organisasi olahraga ini dapat melahirkan prestasi baik di level regional SEA Games atau Asian Ganes bahkan dunia di ajang Olimpiade. " Jangan salah memilih Ketum yang hanya sibuk datang ketika hendak Munas. Karena modern pethatlon merupakan cabang olimpiade yang tentunya harus melakukan pembinaan berjenjang dan berkesinbungan," ucap Marciano.

Dijelaskan Marciano, pergantian Ketum tak terelakan. Sesuai AD/ART KONI Pusat seorang Ketum hanya bisa menjabat 2 periode dan sekali dapat diperpanjang dalam 6 bulan atau boleh 3 kali menjabat jika tak ada calon lagi atau aklamasi.

"PP MPI saya harap segera menggelar Munaslub dan pilihlah Ketum yang tepat karena cabor ini adalah cabor Olimpiade yang butuh penangan secara serius. Indonesia punya target besar berada di 10 besar pada Olimpiade 2032 dan lima besar di Olimpiade 2045," tutur Marciano. "Besar harapan saya dengan Ketum  yang pas modern penthalon Indonesia dapat meloloskan atlet tampil di Olimpiade 2028 nanti," jelas Marciano.

Marciano juga mengisyaratkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke depan akan memprioritaskan cabor-cabor Olimpiade, sehingga modern penthatlon punya tantangan berat untuk kerja keras mensosialisasikan ke daerah- daerah. "Itu sebab saya menitip pesan pilihlah Ketum di Munaslub PP MPI yang memiliki kapasitas dan kapabilitas memajukan modern penthatlon di Tanah Air," jelas Marciano. ***

Teks Foto: Plt Ketum PP MPI Hifni Hasan dan jajaranya berfoto dengan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.