Tersingkir Dini dari BWF World Championships 2021, Viktor Axelsen Mengaku Kelelahan

Tersingkir Dini dari BWF World Championships 2021, Viktor Axelsen Mengaku Kelelahan

KABARINDO, HUELVA - Tersingkirnya Viktor Axelsen menjadi salah satu kejutan terbesar yang mewarnai babak pertama BWF World Championships 2021 alias Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021.

Tunggal putra nomor satu dunia itu menjalani laga pertama BWF World Championships 2021 dengan menghadapi Loh Kean Yew (Singapura) pada Senin (13/12/2021) di Palacio de los Deportes Carolina Marin, Huelva, Spanyol.

Sempat merebut game pertama, Viktor Axelsen pada akhirnya harus takluk dengan skor 21-14, 9-21, 6-21 dalam duel rubber game berdurasi 54 menit.

Melihat skor Axelsen pada game kedua dan ketiga, yang tak sampai menembus dua digit, tampaknya pemain asal Denmark itu mengalami kendala yang membuatnya tak tampil seperti biasa.

Baca Juga: Lolos ke Babak Selanjutnya di Kejuaraan Dunia 2021, Dejan/Serena Diberi Saran Vita Marissa

Dalam sesi wawancara setelah laga, Axelsen mengakui jika dirinya merasa sedikit kelelahan yang turut memengaruhi penampilannya di atas lapangan.

"Bagi saya, game pertama sebenarnya berjalan baik-baik saja. Namun, jujur saja, yang terjadi setelahnya adalah sesuatu yang lebih baik saya lupakan," ujar Axelsen.

"Saya akan istirahat selama beberapa hari, kemudian menonton rekaman pertandingan ini untuk mencari apakah ada sesuatu yang dapat dipelajari. Saat ini, saya merasa sedikit kelelahan."

"Hampir semuanya berjalan berantakan di game kedua dan ketiga. Permainan Loh meningkat sementara saya terus menurun." ujar ayah satu anak itu.

Performa tak stabil yang disebabkan faktor kelelahan maupun cedera memang jadi cukup sering ditemui dalam kompetisi bulu tangkis 2021 yang memiliki agenda padat dalam empat bulan terakhir. Viktor Axelsen pun tak lepas dari fenomena ini. 

Sejak memperkuat Denmark dalam ajang Sudirman Cup 2021 akhir September lalu hingga terhenti di babak pertama BWF World Championships 2021 pertengahan Desember ini, Viktor Axelsen tercatat melakoni 26 pertandingan.

Dalam rangkaian pertandingan itu, Viktor Axelsen sempat mengambil keputusan retired pada babak pertama French Open 2021 (27/10/2021) meski tengah unggul 1-0 atas Heo Kwang-hee (Korea Selatan).

Kala itu, Viktor Axelsen memutuskan mundur karena mengalami cedera yang disebut sudah dialami sejak melakoni partai final Denmark Open 2021 yang berlangsung tiga hari sebelumnya.

Sumber Berita: bwfworldchampionships.bwfbadminton.com
Foto: Humas PP PBSI-Indonesia