Timnas Indonesia Dituntut Keluar dari AFF

Timnas Indonesia Dituntut Keluar dari AFF

KABARINDO, JAKARTA - TIMNAS Indonesia dituntut keluar dari AFF gara-gara indikasi sepakbola gajah di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 yang mempertemukan Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19. Sejumlah netizen di media sosial mendorong Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI untuk membuat langkah berani, yakni meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Tenggara tersebut.

“Sudah saatnya Indonesia keluar dari AFF. Ya sudah ketara banget sih AFF itu emang sarangnya mafia. Enggak heran kalau Indonesia kalah di final. Yang pegang Indonesia itu banyak dan bandar enggak mau rugi,” tulis akun Twitter @TegarJuel.

“Bagaimana kalau Timnas indonesia keluar dari AFF. Sebab, Piala AFF U-19 2022 tidak ada di agenda FIFA. apalagi sekarang terjadi "Match Fixing,” tulis akun @ChannelMuran.

Akun Instagram @pojoktimnas.id bahkan membuat polling. Ia mendorong Timnas Indonesia untuk keluar dari AFF.

"VOTE PETISI POLLING KLIK TAUTAN YANG ADA DI STORY KAMI DAN DI BANTU SHARE,” tulis akun @pojoktimnas.id.

Sejauh ini dari 144 suara yang masuk, sebanyak 128 suara setuju Timnas Indonesia keluar dari AFF, sedangkan 13 di antaranya tidak. Jika dipresentasekan, sebanyak 90,78 persen setuju Timnas indonesia keluar dari AFF!.

Jika PSSI mengambil langkah ekstrem dengan keluar dari AFF, ke manakah mereka bakal berlabuh? Oseania dapat dijadikan opsi. Secara geografis, Indonesia masih berdekatan dengan tim-tim Oseania.

Hanya saja secara kualitas, Timnas Indonesia bakal mendapatkan lawan yang lebih rendah. Sebab, jika bertahan di AFF, Timnas Indonesia masih bakal bersua tim-tim mapan Asia macam Jepang, Arab Saudi, Korea Selatan hingga Australia.

Hal itu berbeda jika Timnas Indonesia pindah ke Oseania. Bisa dibilang hanya Selandia Baru yang levelnya di atas Timnas Indonesia. Di luar Selandia Baru, tim-tim seperti Kepulauan Solomon atau Tahiti, levelnya bisa dibilang setara dengan Timnas Indonesia.

Lantas, bagaimana respons PSSI perihal adanya dugaan main mata di laga Vietnam vs Thailand yang membuat Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022? Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bakal mendiskusikannya dengan timnya.

"Kami akan membicarakannya terlebih dahulu di PSSI. Kami akan menyampaikan kami cukup dirugikan," kata Mochamad Iriawan saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga, mengutip dari Antara.

"Kami akan mendiskusikannya secara internal besok (hari ini). Kami akan memutar kembali video pertandingan dan menganalisisnya dengan beberapa pihak termasuk direktur teknik sebelum memastikan apakah kami akan mengajukan protes,” tutup Mochamad Iriawan. Foto : PSSI