Timnas Indonesia U-20 Keok 1-2 oleh Timnas Slovakia U-20

Timnas Indonesia U-20 Keok 1-2 oleh Timnas Slovakia U-20

KABARINDO, MURCIA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 menelan kekalahan 1-2 dari Slovakia U-20 di laga uji coba yang berlangsung pada Sabtu (19/11/2022) malam WIB. Bermain di Pinatar Arena Football Center, Spanyol, sejatinya Timnas Indonesia U-20 sempat bermain apik di babak pertama.

Terbukti Timnas Indonesia U-20 menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol dari Rafael Struick. Namun, di babak kedua, ketika laga ingin berakhir, Slovakia U-20 mampu membalas dua gol.

Timnas Indonesia U-20 pun bermain dengan 10 pemain sejak menit 89 lantaran Justin Hubner diberikan kartu merah oleh wasit karena dianggap melakukan pelanggaran keras.

mengawali babak pertama skuad Garuda Nusantara langsung menyerang dengan garis yang tinggi. Tusukan-tusukan para pemain tengah Indonesia mampu merepotkan pertahanan Slovakia.

Indonesia pun berhasil menciptakan peluang emas pertama pada menit keenam. Lewat tendangan bebas Marselino Ferdinan, bola sempat membentur Kakang Rudianto, langsung jatuh di kaki Rafael Struick. Sayang bola terakhirnya masih melambung di atas gawang.

Indonesia masih mencoba menyerang. Pada menit 17 Ronaldo Kwateh mendapatkan peluang pertama dari open play. Namun tendangannya masih melambung tinggi di atas gawang.

Slivakia akhirnya mendapat peluang berbahaya. Berawal dari penetrasi sisi sayap, mengirim umpan ke kotak penalti, disambut Adam Griger dengan tendangan first time. Tapi bola masih melambung tinggi.

Memasuki pertengahan babak, Slovakia mulai berinisiatif melakukan tembakan dari luar kotak penalti. Tendangan itu mampu diamankan dengan baik oleh Cahya Supriadi

Indonesia mampu membuka keunggulan pada Menit 27. Berawal dari penetrasi di sayap kanan penyerangan, Dzaki Asraf mampu mengakhirinya dengan umpan ke kotak penalti. Rafael Struick mampu menyambutnya dengan sontekan ke tiang jauh. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Peluang terbaik bagi Slovakia terjadi pada menit 34. Tendangan plessing dari Viktor Sliacky mampu ditepis Cahya Supriadi, bola menuju Adam Griger tapi Cahya mampu menyergap bola kembali.

Peluang emas kembali didapatkan Rafael Struick pada menit 38. Kali ini dia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan. Sayang tendangannya masih membentur kaki sang kiper.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-20 sedikit menurunkan tempo. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan mencoba untuk mempertahankan keunggulan.

Kendati demikian, Slovakia U-20 justru dapat bermain baik sehingga mereka beberapa kali menekan pertahanan Timnas Indonesia U-20.

Ketika terus-terusan diserang, Timnas Indonesia U-20 melakukan kesalahan. Dzaky terlihat melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti, wasit lantas menunjuk titik putih di menit 79. Pemain bernomor punggung 10 Slovakia mampu mengeksekusi tendangan penalti dengan baik.

Beberapa menit berselang, pertahanan Timnas Indonesia U-20 kembali bolong. Slovakia U-20 pun berhasil menambah keunggulan di menit 94 lewat gol dari Damian Kachut usai mengacak-acak pertahanan Timnas Indonesia U-20.

Tendangan Kachut sejatinya mampu diantisipasi Cahya Supriadi, namun bola terpental ke arah Hubner dan masuk ke gawang. Timnas Indonesia U-20 tertinggal 1-2.

Ketika laga ingin berakhir, Justin Hubner diberikan kartu merah oleh wasit karena dianggap melakukan pelanggaran keras. Laga pun berakhir 1-2 untuk kekalahan Timnas Indonesia U-20.

Susunan Pemain Indonesia U-20 vs Slovakia U-20:

INDONESIA XI: Cahya Supriadi; Justin Hubner, Doni Tri Pamungkas, M. Ferrari, Dzaki Asraf, Ivar Jenner, Ronaldo Kwateh, Kakang Rudianto, Zico Jamai Soree, Marselino Ferdinan, Rafael William Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

SLOVAKIA XI: Samuel Belanik; Damian Kachut, David Ovsonka, Martin Oravec, Samuel Kopasek, Gabriel Halabrin, Samuel Urgela, Mario Sauer, Balint Csoka, Adam Griger, Viktor Sliacky

Pelatih: Albert Rusnak

Foto: PSSi