Usung Tema "Inovasi Dan Ide Kreativitas Pemuda Tak Terbatas", Pekan Kreativesia Nasional 2024 Resmi Di Buka!

Usung Tema "Inovasi Dan Ide Kreativitas Pemuda Tak Terbatas", Pekan Kreativesia Nasional 2024 Resmi Di Buka!

KABARINDO, BANJARBARU -  Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia,  Prof. Dr. H. M. Asrorun Ni'am Sholeh, MA resmi buka Pekan Kreativesia Nasional (PKN) 2024 di Halaman Komplek Kawasan Perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat malam (30/8/2024).

Dalam sambutan pembukaannya, Asrorun Ni'am mengungkapkan bahwa PKN 2024 kali ini mengusung tema “Inovasi dan Ide Kreativitas Tak Terbatas, Pemuda Indonesia di Bidang Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Pemanfaatan Teknologi Digital“.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada tuan rumahKalimantan Selatan yang telah menunjukkan keramahtamahan dan komitmen tinggi dalam mendukung pengembangan kreativitas pemuda. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa Kalimantan Selatan tidak hanya kaya akan budaya dan sumber daya alam, tetapi juga kaya akan semangat kolaborasi dan inovasi," papar Asrorun Ni'am.

Pembukaan Puncak PKN 2024 ini ramai dan padat di kunjungi oleh para pemuda pemudi dari berbagai penjuru di Daerah Banjarbaru Kalimantan Selatan. 

Pembukan yang diawali dengan  pembacaan doa, dilanjutkan  menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bergerak. Usai itu menampilkan atraksi dari Duet Black out dan Alumni Kreatevesia (Annisa dan Fanny)

Hadir pada Pembukaan Gubernur Kalimantan Selatan yang mewakili, Walikota Banjarbaru yang mewakili, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan yang mewakili, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan yang mewakili, Panglima Daerah Militer yang mewakili, Seluruh Pejabat Forkompimda Kalimantan Selatan yang mewakili, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Para Pejabat Forkompimda Kalimantan Selatan, Para Eselon I dan II Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dari seluruh Indonesia, Para Juri, Peserta, dan Pengunjung, Komunitas dari Berbagai Elemen 

PKN 2024 ini adalah wadah bagi semua Pemuda dan pemudi untuk menggali potensi, mengembangkan bakat, serta memupuk semangat kreatifitas di kalangan generasi muda Indonesia. 

"Melalui acara ini, kita berharap lahirnya ide-ide baru, kolaborasi-kolaborasi inovatif, serta jaringan yang kuat antara komunitas, pemerintah, dan sektor swasta, demi masa depan Indonesia yang lebih baik," terang Asrorun Ni'am.

"Saya percaya bahwa dengan semangat kebersamaan, kita akan mampu menciptakan perubahan positif yang berdampak luas bagi kemajuan bangsa. Mari kita jadikan acara ini sebagai momentum untuk memajukan kreativitas pemuda dan mempererat persaudaraan di antara kita semua," pungkasnya.

Di hadiri dan di saksikan sekitar 2000 pengunjung yang datang untuk menyaksikan Pembukaan PKN 2024 sekaligus menampilkan beberapa performance dari penampilan "- LED Stick Dancer + LED Dancer with Medley Nusantara song  + DJ + 50 Modern Dancer.  - Perwakilan Putra Putri Pariwisata 2024 Kalsel membawa Panting (alat musik Kalsel) 

Berikut Lomba Kreativesia yang di pertandingkan:

1. Lomba Film (Sinematografi) - 26 peserta dari 21 Provinsi
2. Lomba Fashion - 25 Peserta dari 22 Provinsi
3. Lomba Musik (Vokal Solo) - 35 Peserta dari 28 Provinsi
4. Lomba Kuliner - 14 Peserta dari 13 Provinsi (akan berlangsung tgl 30 )
5. Lomba Grafika ( Desain Grafis) - 9 Peserta dari 9 Provinsi
6. Lomba Kriya - 18 Peserta dari 17 Provinsi
7. Lomba Tekhnologi Informasi Piranti Lunak - 8 Peserta dari 6 Provinsi
9. Lomba Tekhnologi Informasi Perangkat Keras -11 Peserta dari 6 Provinsi
10. Lomba Pawai Budaya Nusantara - 132 Peserta dari 32 Provinsi
11. Pemilihan Duta Pemuda Kreatif Indonesia - 34 Provinsi
12. Pemilihan Stand Terbaik - 24 Provinsi


Di selenggarakan Mulai tanggal 28-31 Agustus 2024 Kreativesia sendiri merupakan ajang lomba tingkat Nasional yang sebelumnya dikenal dengan nama Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia. Foto: Ist