Utang hingga Rp1 Miliar hanya dalam Tiga Bulan, Ibu Hamil di Depok Siap Jual Ginjal

Utang hingga Rp1 Miliar hanya dalam Tiga Bulan, Ibu Hamil di Depok Siap Jual Ginjal

KABARINDO, DEPOK - Seorang ibu hamil berinisial MM (23) di Depok mengaku bahwa dirinya sedang terlilit utang yang tidak sedikit hingga berniat untuk menjual ginjalnya.

Ia mengaku total utangnya saat ini hampir Rp1 M, meskipun utang ini baru ia lakukan selama tiga bulan. Bunga yang semakin besar menyebabkan ibu hamil ini menimbun banyak utang dan merasa kesulitan untuk membayarnya.

“Saya terlilit utang, utang sama teman tapi teman ngusulin pakai aplikasi. Makanya bunganya jadi banyak. Utang sampai Rp1 M dalam waktu 3 bulan,” ujar MM dikutip dari detikcom di Mekarjaya, Depok, Minggu (23/1/2022).

Menurut cerita MM, awalnya ia membuka bisnis kelontong untuk menutup utang-utangnya. Namun, karena kurang pengelolaan akhirnya membuatnya justru merugi. Hal ini lah yang membuatnya memutuskan untuk mengambil utang baru, hingga gali lubang tutup lubang.

“Jadi saya coba usaha, tapi rugi. Saya buat menutupi kerugian ini minjem sama teman, itu juga lewat aplikasi. Ada berapa saya terima buat menutupi kerugian, terus saya minjem lagi sama teman buat bayar ke teman saya. Jadi gali lobang tutup lobang,” kata dia.

Ibu hamil ini juga sempat disarankan memulai bisnis minyak goreng yang tengah viral. MM mengaku membeli minyak goreng di agen seharga Rp225 ribu per kartonnya. Uang itu pun juga merupakan uang hasil meminjam dari temannya.

“Awalnya diusulin kenapa nggak coba minyak goreng, saya coba minyak goreng kan. Salahnya saya, saat saya punya modal gede pas saya minjem sama teman, saya coba nyetok beberapa minyak goreng di rumah. Harganya naik, stok yang menumpuk akhirnya saya jual murah Rp168 ribu,” katanya.

Hal ini justru membuatnya merugi. Kemudian ia mencoba meminjam uang kembali ke beberapa teman. Tidak disangka utang dan bunganya semakin hari semakin membengkak.

“Hampir ratusan orang (yang dipinjam) tapi teman semua. Karena mereka juga dikejar-kejar (renternir) makannya mereka nekan saya. Sudha tertekan banget, sudah pusing, aset yangs aya punya cuma ginjal,” tutur MM.

“Minjem berapa, dapat berapa, balikin berapa. Bikin gede di situ. Misal saya pinjam Rp10 juta, terus terima cuma Rp8 juta, dibalikinnya belasan juta. Yang bikin membengkak itu di situ,” pungkasnya.

Karena merasa kesulitan untuk mengembalikan uang yang telah ia pinjam. MM pun akhirnya berinisiatif mengunggah keinginannya untuk menjual ginjal di media sosial. Unggahannya ini pun viral.

Ia pun mengaku suaminya juga siap untuk menjual ginjalnya jika memang ada yang mau.

“Saya bilang ini menjual ginjal karena membutuhkan. Terus kita ada surat perjanjian saya akan lunasi dengan cara jual ginjal biar mereka yakin. Kalau saya bakal ganti (utang),” ungkap MM.

“Saya siap jual ginjal, suami saya juga siap. Daripada kelamaan nunggui;n saya lahiran, suami saya siap. Kalau ada yang mau,” imbuhnya.

Sumber: Detik.com

Foto: Sutterstock