Vietnam Blokir film aksi Tom Holland Terbaru, 'Uncharted'

Vietnam Blokir film aksi Tom Holland Terbaru, 'Uncharted'

KABARINDO, HANOI – Vietnam telah melarang penayangan film aksi terbaru produksi Sony, "Uncharted" dari distribusi domestik film tersebut.

Keputusan itu diambil akibat adegan yang menampilkan peta yang menunjukkan garis sengketa klaim China atas sebagian besar Laut China Selatan, media pemerintah melaporkan di hari Sabtu (12/3).

"Sembilan garis putus-putus" berbentuk U digunakan pada peta China untuk menggambarkan klaimnya atas wilayah luas Laut China Selatan yang kaya sumber daya, termasuk petak-petak yang dianggap Vietnam sebagai landas kontinennya, di mana Vietnam telah memberikan konsesi minyak.

"Uncharted," sebuah film aksi dan petualangan berdasarkan seri video game tentang perburuan harta karun, dibintangi oleh Tom Holland dan Mark Wahlberg semestinya dijadwalkan tayang di bioskop nasional pada 18 Maret.

"Film tersebut dilarang untuk didistribusikan setelah kami menontonnya dan menemukan bahwa film tersebut berisi gambar ilegal dari sembilan garis putus-putus yang terkenal," lapor Kantor Berita Vietnam, mengutip Vi Kien Thanh, kepala Departemen Perfilman, sebuah badan pemerintah yang bertanggung jawab atas perizinan dan penyensoran film asing.

Sebelumnya, Vietnam juga menarik film animasi DreamWorks "Abominable" dari bioskop pada 2019 dan memerintahkan Netflix pada 2021 untuk menghapus beberapa episode dari seri "Pine Gap" karena masalah yang sama.

Negara Asia Tenggara itu minggu ini dua kali memprotes latihan militer oleh China dan Taiwan di area yang digambarkan sebagai zona ekonomi eksklusif, dan menuntut mereka menghormati kedaulatan Vietnam dan hak-hak yang sah dari negara tersebut  di laut.

***(Sumber: Reuters; Foto: Showcase Cinemas)