Viral Petugas Diduga Satpol PP Tendang Pedagang Kopi Starling!

Viral Petugas Diduga Satpol PP Tendang Pedagang Kopi Starling!

KABARINDO, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono meminta seluruh jajaran Pemprov DKI termasuk Satpol PP kedepankan sisi humanis.

Hal tersebut diungkapkan Heru Budi menyusul viralnya oknum petugas diduga anggota Satpol PP menendang pedagang kopi 'starling' di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

"Saya meminta seluruh jajaran Satpol PP tetap mengedepankan sisi humanis saat melakukan penindakan dalam rangka penegakan perda/pergub. Ini sangat penting agar masyarakat paham bahwa dengan suasana yang tentram dan tetap mengedepankan unsur pengayoman dan edukasi masyarakat, peraturan bisa kita tegakkan tanpa pretensi yang berlebihan," kata Heru dalam keterangan resminya, Sabtu (11/2/2023).

"Karena cara yang santun adalah solusi dalam memulai diskusi, tanpa ada unsur kekerasan. Saya juga meminta Kepala Satpol PP untuk selalu mengingat semua petugas untuk mengedepankan sisi humanis dan jika terjadi tindakan kekerasan dan arogansi dalam melaksanakan tugas di lapangan, harus ada tindakan tegas," imbuhnya.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menambahkan, bahwa pihaknya senantiasa memperhatikan aspek humanis, edukasi dan komunikasi dalam setiap menjalankan tugas. Di antaranya saat melakukan penertiban yang berpotensi ada pelanggaran terhadap aturan.

Kemudian, semua petugas saat bertindak harus mematuhi standar operasional prosedur (SOP) yang telah diatur, jika ada pelanggaran prosedur tentu akan ada sanksi yang dapat dikenakan.

"Menanggapi kabar yang sedang viral di media sosial, bahwa pedagang kopi keliling panik dan lari saat ada patroli petugas Satpol PP kemudian terjatuh, petugas Satpol PP pun segera membantu pedagang.

Perlu diketahui, bahwa sudah ada aturan yang melarang berjualan di trotoar, sehingga dalam melakukan penertiban ini kami kedepankan sisi humanis dan komunikasi yang efektif dengan warga," imbuhnya.

Menurut Arifin, Pemprov DKI Jakarta juga memiliki prinsip untuk senantiasa mengayomi warga. Sehingga menjadi cerminan bahwa Jakarta adalah kota yang ramah dan santun dalam setiap menegakkan peraturan.

Dengan mengedepankan sisi humanis serta unsur pengayoman dan edukasi, kata Arifin, warga tidak akan memiliki unsur rasa keterpaksaan dalam mengikuti aturan yang berlaku.

Upaya penegakan perda/pergub demi ketertiban dan kenyamanan umum dapat diwujudkan karena adanya kerja sama pemerintah dengan warganya.

Sebelumnya, sempat viral video aksi penendangan oknum petugas Satpol PP yang dibagikan laman Instagram @net2netnews. Kemudian, dibagikan kembali oleh aktor sekaligus pegiat aksi sosial Tubagus Zainal Arifin melalui Instagram @uncle_teebob. Video tersebut telah ditonton hingga 83,8 ribu viewers.

Dalam video, terlihat pedagang kopi 'starling' jatuh tersungkur dari sepeda yang dikendarai. Kemudian, terlihat beberapa petugas mengenakan seragam diduga anggota Satpol PP. Namun, tidak terlihat jelas aksi penendangan hingga jatuh tersungkur. Foto : Tangkapan Layar Medsos