Sejarah! Wakil Asia Tenggarra Timnas Australia Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022 Usai Kandaskan Denmark 1-0

Sejarah! Wakil Asia Tenggarra Timnas Australia Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022 Usai Kandaskan Denmark 1-0

KABARINDO, DOHA - Wakil Asia Tenggara, Tim Nasional (Timnas)  Australia berhasil kalahkan Denmark dengan skor tipis 1-0 pada matchday terakhir Grup D Piala Dunia 2022.

Dengan kemenangan tersebut, The Socceroos -julukan Timnas Australia- berhasil melaju ke putaran berikutnya untuk kedua kalinya sepanjang sejarah Piala Dunia.

Seperti diketahui, Australia sukses menyegel tiket ke 16 besar setelah menumbangkan Christian Eriksen dan kawan-kawan. Laga tersebut dilangsungkan di Al Janoub Stadium, Rabu (30/11/2022) pukul 22.00 WIB.

Sebetulnya, Australia hanya membutuhkan hasil imbang untuk menyegel tiket babak selanjutnya. Namun, tim asuhan Graham Arnold itu langsung menyerang sejak awal laga tersebut.

Socceroos kemudian mendapat peluang pada menit ketiga. Adalah Riley McGree dapat menembus pertahanan Denmat dan langsung melepaskan tendangan. Sialnya, upayanya itu belum membuahkan hasil manis.

Sementara itu, Denmark kemudian mencoba menyerang balik. Mereka nyaris memimpin pada menit ke-11. Sayang, tendangan keras Mathias Jensen masih bisa dihalau oleh kiper Australia, Mathew Ryan.

Paruh pertama masih imbang tanpa gol. Beruntungnya, Australia berhasil mencetak gol pada menit ke-60 melalui Mathew Leckie. Lalu, tak ada lagi gol tambahan sehingga Socceroos mengamankan tiga poin dan lolos ke babak 16 sebagai runner-up Grup D mendampingi sang juara grup, Timnas Prancis.

Menariknya, menurut laporan dari Squawka yang dikutip Kamis (12/11/2022), Australia lolos ke babak sistem gugur untuk pertama kalinya sejak 2006 dan kedua kalinya dalam sejarah mereka selama perhelatan Piala Dunia.

Tentunya, hasil tersebut menjadi catatan manis dan mengejutkan bagi Socceroos. Bagaimana tidak, Australia merupakan tim yang tidak diunggulkan pada gelaran Piala Dunia Qatar ini.

Foto: Reuters