Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Serukan Rumput SUGBK Penuhi Standar FIFA Saat Indonesia Jamu Vietnam

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Serukan Rumput SUGBK Penuhi Standar FIFA Saat Indonesia Jamu Vietnam

KABARINDO, JAKARTA --Rumput Lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan saat laga ujicoba Timnas Indonesia U-20 melawan Thailand pada 26 Januari 2024 lalu menjadi sorotan.

Warnanya yang tidak hijau tetapi cenderung kuning, dan beberapa lokasi tidak rata tumbuhnya rumput. Sehingga membuat aliran bola dalam laga tersebut sedikit terganggu.

Kini SUGBK yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia bersiap menggelar pertandingan sepak bola internasional yakni lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tepatnya pada Kamis, 21 Maret 2024 Tim asuhan Shin Tae-yong akan menjamu Vietnam di match ketiga Grup F dimana SUGBK dipilih menjadi tempat pertandingan ini.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf pun mengomentari kondisi rumput lapangan SUGBK. Politisi dari partai Demokrat ini mengingatkan agar jangan lagi rumput SUGBK menjadi sorotan.

"Kalau kita sudah siap sebagai penyelenggara internasional salah satu harus disiapkan venue pun harus siap. Masih ada waktu untuk melakukan perbaikan kalau rumputnya belum bagus," ujar Dede Yusuf ketika dihubungi Senin (4/3).

"Diharapkan negara segera melakukan perbaikan rumput GBK kalau kondisinya tidak baik. Harus ikuti standar pertandingan internasional atau Standar FIFA. Masalah bagus atau tidak perbedaan stadion masing-masing negara berbeda, yang penting rumput lapangan harus standar FIFA," ungkapnya.