Wapres Minta Pemda Tingkatkan Kewaspadaan terkait Kasus Omicron

Wapres Minta Pemda Tingkatkan Kewaspadaan terkait Kasus Omicron

KABARINDO, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin meminta seluruh pemerintah daerah mempersiapkan kewaspadaan terkait dengan masuknya varian B.1.1.529 atau Omicron di Indonesia.

Wapres mengatakan bahwa Indonesia sebenarnya sudah melakukan pencegahan dengan menutup kedatangan dari beberapa negara. 

"Kita harus waspada ya, sejak awal kita sudah wanti-wanti bahwa kita jangan sampai seperti negara-negara lain, Eropa, bahkan juga India, juga Singapura; semuanya itu kami tutup, jangan sampai masuk ke sini (Indonesia). Nah, ini berarti ada," kata Wapres di Surabaya, Kamis (16/12/2021).

Wapres meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan dan mendorong percepatan vaksinasi di daerah.

Baca Juga: Apple Diprediksi akan Luncurkan iPhone SE 5G Awal 2022

"Semua pemda harus melakukan penyiapan untuk pencegahannya. Jangan sampai masuk ke daerah-daerah, antisipasi. Kita tidak ingin seperti (penularan varian) Delta lagi, vaksinasi terus disegerakan, dipercepat untuk masyarakat," kata Wapres menegaskan.

Adapun sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa satu kasus Omicron terdeteksi di fasilitas karantina RSD Wisma Atlet Jakarta.

"Kasus Omicron yang sudah kami konfirmasi satu dan lima kasus probable, itu terjadi di karantina," kata Budi Gunadi.

Kasus tersebut terdeteksi dari seorang petugas kebersihan RS Wisma Atlet. 

Padahal, orang tersebut tidak berpergian ke luar negeri.

Sementara dua orang suspek Omicron terdeteksi pada warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris.

Sedangkan tiga orang suspek lainnya merupakan warga negara asing (WNA) asal China yang melakukan kunjungan ke Manado, Sulawesi Utara.

Sumber berita: Antara

Foto: Pixabay