APRINDO dan PT AGRA Gandeng WIR Group, Dorong Penerapan Teknologi Imersif dan AI di Sektor Ritel Asia Pasifik

APRINDO dan PT AGRA Gandeng WIR Group, Dorong Penerapan Teknologi Imersif dan AI di Sektor Ritel Asia Pasifik

KABARINDO, JAKARTA - WIR Group lakukan kolaborasi dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) & PT Afiliasi Global Retail (AGRA) untuk menggabungkan kekuatan teknologi dan pengalaman dari kedua pihak untuk membantu pelaku industri ritel beradaptasi dengan perubahan yang cepat di era digital. Web 3.0 menghadirkan berbagai perubahan yang akan berdampak signifikan pada industri ritel.

 

Teknologi imersif, blockchain, dan kecerdasan buatan akan memungkinkan pelaku industri ritel untuk menghadirkan pengalaman belanja yang lebih personal, interaktif, dan imersif. Sebagai langkah awal untuk merealisasikan pengembangan ini WIR Group dan APRINDO beserta AGRA melakukan penandatangan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Gupta Sitorus selaku Group Chief Sales and Marketing Officer WIR Group dan Roy N. Mandey, Chairman APRINDO & AGRA pada hari Senin tanggal 20 November 2023 di Jakarta.

 

Berbagai inovasi pengembangan teknologi telah dilakukan oleh WIR Group, salah satunya mesin kios interaktif yang telah membawa transformasi layanan pelanggan. Mesin pintar DAV dan kesuksesan teknologi yang dikembangkan oleh Mindstores, besutan WIR Group, telah memberikan solusi dagang berbasis teknologi. DAV yang merupakan mesin kios interaktif telah dilengkapi dengan teknologi terdepan seperti Artificial Intelligence (AI), Augmented Reality (AR), dan Machine Learning.

 

Gupta Sitorus, Group Chief Sales and Marketing Officer WIR Group menjelaskan “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi ini, bukan hanya inovasi yang dikembangkan, tetapi juga langkah penting untuk mewujudkan masa depan industri ritel yang lebih dinamis dan kompetitif. Dalam penandatangan ini, WIR Group akan berperan sebagai penyedia teknologi dan solusi digital, sedangkan APRINDO & PT Afiliasi Global Retail akan berperan sebagai mitra strategis untuk mengimplementasikan solusi tersebut di lapangan. Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu pelaku industri ritel di Indonesia untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat di era digital.”

 

Sementara itu di kesempatan yang sama Roy N. Mandey, Chairman APRINDO & AGRA menambahkan “Di tengah gejolak perubahan teknologi, industri ritel telah memasuki era baru yang menuntut kreativitas dan adaptabilitas. Web 3.0 membuka pintu bagi inovasi tak terbatas, memungkinkan kami untuk lebih mendalam memahami dan merespon kebutuhan konsumen. Dalam memandang masa depan, kami berkomitmen untuk memimpin dengan mengintegrasikan teknologi canggih, membangun pengalaman belanja yang tak terlupakan, dan terus melangkah maju sebagai pelopor di dalam revolusi ritel ini. Dalam Nota Kesepahaman ini, APRINDO akan melakukan pemasaran ritel dalam skala domestik sedangkan AGRA, secara regional yaitu Global Regional Asia Pasifc, dimana termasuk anggota Federation of Asia-Pacific Retailers Associations (FAPRA) yang beranggotakan 20 Retail Asosiasi dari 20 negara Zona Asia- Pasific antara lain ; ASEAN, India, Sri-Lanka, Republik Kyrgyzstan, Uzbekistan, Mongolia, Korea Selatan, Jepang, Australia , New Zealand, serta Fiji”.

 

Dengan konsistensi dalam mengembangkan ekosistem solusi platform digital yang memiliki skalabilitas tinggi melalui anak usahanya, WIR Group terus berkomitmen untuk menghadirkan inovasi teknologi yang memberikan nilai tambah kepada mitra dan pelanggan, menjadikan WIR Group sebagai pilihan utama dalam mendorong transformasi digital di Indonesia.