Contoh Digitalisasi Pasar: Pasar Kampung Baru Sulawesi Selatan

Contoh Digitalisasi Pasar: Pasar Kampung Baru Sulawesi Selatan

KABARINDO, MAKASSAR - Pasar Kampung Baru di Makassar jadi percontohan digitalisasi pasar yang bisa dilakukan di Indonesia.

Pasar Kampung Baru merupakan program digitalisasi pasar yang dilakukan oleh Direksi Perumda Pasar Makassar Raya bekerja sama dengan Perwakilan Bank Indonesia (BI) di Sulawesi Selatan.

Direksi Perumda Pasar Makassar Raya, Thamrin Mensa, mengatakan Pasar Kampung Baru akan jadi percontohan digitalisasi pasar.

Nantinya, semua pasar di Makassar akan melakukan hal serupa.

"Kami sangat mendukung program digitalisasi pasar selain untuk kepentingan orang banyak juga merupakan program walikota Makassar dalam percepatan pembangunan ekonomi khususnya di Kota Makassar," ujarnya.

Dalam program ini, nantinya pembeli bisa membayar menggunakan  QR Code Indonesia Standard (QRIS), sebagai salah satu terobosan yang dilakukan.

Respons Cepat Makassar

Makassar memang merespons dengan cepat soal digitalisasi pasar di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, M Ali Aftan Az.

"Saya merasa sangat surprise atas dukungan Pak Danny Pomanto karena langsung mengeluarkan surat edaran tersebut," ujarnya.

"Untuk itu pihak kami tidak ingin kehilangan momen bagus ini, jika dari Bank Indonesia agresif dan pemerintah Kota Makassar juga agresif maka kami harap kita semua bisa saling bersinergi."

Pada November lalu, Wali Kota Makassar memang langsung mengeluarkan surat edaran tentang digitalisasi pasar ini di wilayahnya.

Ini merupakan kegiatan pertama seperti ini di seluruh Indonesia.

Sumber: Antara
Foto: Antara