Jubir JK: Perjalanan Kapolda Jambi ke Kerinici Sebagai Undangan Bukan Pengamanan Kedatangan JK

Jubir JK: Perjalanan Kapolda Jambi ke Kerinici Sebagai Undangan Bukan Pengamanan Kedatangan JK

KABARINDO,  JAKARTA - Juru bicara Wakil Presiden RI ke 10 dan 12  Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah menanggapi informasi yang mengaitkan perjalanan Heli Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan pada hari minggu 19 Februari 2023 dengan  pengamanan  kedatangan JK di Jambi. 

Menurut Husain,  kegiatan pengamanan JK baik di dalam maupun di luar negeri semua dalam otoritas Paspampres dalam hal ini Paspampres Grup D. Adapun kaitannya dengan institusi lain termasuk kepolisian atau TNI biasanya bersifat koordinasi saja. 

Untuk itu Husain meluruskan jika perjalanan Helikopter  kapolda Jambi dalam kapasitas sebagai undangan Pak JK bukan pengamanan. Tadinya rombongan rencana beranvkat bersama dari Jakarta. Tapi karena harus mengikuti kegiatan lain, sehingga Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono 

"Untuk pengamanan Pak JK baik di dalam maupun  di luar negeri berada dalam otoritas Paspampres group D. Adapun institusi lain biasanya hanya bersifat koordinasi saja, tidak ada korelasi langsung dengan kedatanga  JK hari ini di Kerinci" ujar Husain  melalui whatsapp pada senin 20 Februari 2023. 

Husain menjelaskan bahwa kunjungan  JK ke Jambi pada Senin 20 Februari 2023 dalam rangka mengunjungi PLTA Kerinci di Jambi. Untuk kegiatan tersebut JK mengundang Gubernur Jambi, Al-Haris dan Kapolda Jambi untuk meninjau proyek PLTA Kerinci yang merupakan bagian dari proyek strategis nasional.   

"Hari ini Pak JK memang melakukan kunjungan ke PLTA Kerinci di Jambi. 
Untuk itu, Pak JK mengundang Gubernur Jambi dan Kapolda setempat untuk bersama sama meninjau, karena PLTA proyek strategis nasional. Proyek energi terbarukan ini oleh pemerintah diharapkan percepatan penyelesaian dengan makin dibutuhkannya pasokan energi terbarukan". Ungkap Husain.

Husain menambahkan terkait perjalanan Heli Kapolda Jambi beserta rombongan adalah dalam rangka peresmian Sentra Pelayanan Polres Kerinci. 

"Kebetulan di saat yang sama Kapolda Jambi akan meresmikan Sentra Pelayanan Terpadu Polres Kerinci. Sebagai pejabat Kapolda yang baru, beliau sekalian rencana menghadiri undangan tersebut menyertai Gubernur Jambi ke PLTA Kerinci" imbuh Husain.

Husain juga menjelaskan bahwa  pada awalnya Kapolda Jambi dijadwalkan untuk berangkat bersama rombongan dari Jakarta pada senin 20 Februari 2023. Namun 
Kapolda Jambi memutuskan berangkat sendiri karena adanya kegiatan lain.

Atas musibah kecelakaan Heli yang dialami kapolda Jambi di Hutan Kerinci, Husain menyampaikan JK merasa prihatin dan berharap semua korban luka dapat segera pulih kembali. 

"Pak JK menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas musibah tersebut. Dan berharap semua korban segera pulih serta kembali beraktifitas". Ujarnya.